Jubir NH: IYL-Cakka Belum Memenuhi Syarat Pencalonan

Suriadi
Suriadi

Jumat, 12 Januari 2018 14:07

Jubir NH: IYL-Cakka Belum Memenuhi Syarat Pencalonan

 

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) tetap mendaftar ke Kantor KPUD Sulsel di Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Rabu, 10 Januari. Kandidat ini tetap mendaftar meski dukungan KTP yang dihimpunnya masih kurang. Meski memang diperbolehkan, pendaftaran IYL-Cakka dinilai kurang mantap dan tidak begitu meyakinkan.

Juru bicara Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, Muhammad Natsir, mengatakan kurangnya dukungan KTP IYL-Cakka yang maju melalui jalur perseorangan membuat pasangan tersebut bisa dibilang belum penuhi persyaratan. Terlepas dari adanya ruang mencukupkan kekurangan dukungan KTP yang diberikan KPU kepada paslon tersebut.

“Saya tetap memberikan selamat kepada IYL-Cakka yang telah mendaftar ke KPU. Tapi, rasanya hambar dan kurang mantap karena dukungan KTP paslon ini ternyata masih kurang. Ya semoga bisa dicukupkan agar masuk arena Pilgub Sulsel 2018 dan berkompetisi secara sehat,” kata Natsir, saat dihubungi Jumat, 12 Januari.

Berdasarkan hasil rapat pleno terkait rekapitulasi dukungan IYL-Cakka setelah melalui tahap verifikasi faktual, KPUD Sulsel menyatakan dukungannya masih kurang 3.390 KTP. Jumlah dukungan KTP Punggawa Macakka yang dianggap sah hanya 476.734 dari syarat minimal dukungan yakni 480.124 KTP. Kekurangan dukungan memaksa kandidat tersebut harus bekerja keras.

Lebih jauh, Natsir mengajak IYL-Cakka dan timnya untuk berkompetisi secara sehat. Disampaikan dia, segala bentuk kecurangan harus dihindari untuk memastikan pilkada aman, damai dan bermartabat. Terlebih, pada tahapan verifikasi faktual diketahui banyak masyarakat yang mengadu terkait pemalsuan tandatangan dan dokumen kependudukan.

Natsir menegaskan seluruh kandidat harus memberikan teladan untuk menciptakan pilkada bersih. NH-Aziz sendiri digaransinya merupakan kandidat yang cinta damai. Diyakininya pula paslon lain, termasuk IYL-Cakka menginginkan pilkada aman dan damai. “Kalau NH-Aziz bisa saya pastikan jauh dari kecurangan. Bahkan, meski kerap diserang kampanye hitam, NH-Aziz enggan menggubrisnya,” tutup dia. (Ris)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Politik23 Juni 2024 19:26
Ini Alasan PPP Dorong Pasangan AIA-Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan mendorong pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras -Mohammad Ramd...
Politik23 Juni 2024 17:03
PPP Endorse Pasangan AIA-Danny Pomanto untuk Pilgub Sulsel 2024
Setelah sebelumnya Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dikabarkan berpasangan dengan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo atau Ilham Arief Sirajuddin, kini mun...
Daerah23 Juni 2024 15:19
Kolaborasi Pemkab, Kemenag, dan PKK untuk Cegah Stunting dari Hulu
Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, ...
Metro23 Juni 2024 14:37
Danny Pomanto Ramaikan Jalan Santai Sehat Bahagia Gereja Katolik Paroki ST Paulus Tello
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, turut meramaikan dan melepas kegiatan Jalan Santai Sehat Bahagia dalam rangka HUT ke-25 Tahun Gereja Katolik ...