Apkasi Sumbang Rp471 Juta untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Suriadi
Suriadi

Minggu, 28 Oktober 2018 13:19

Apkasi Sumbang Rp471 Juta untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulteng
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) menyerahkan jabatannya sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Penyerahan ini seiring dengan berakhirnya masa jabatan NA sebagai Bupati Bantaeng dan telah terpilih sebagai Gubernur.

NA menyerahkan jabatan tersebut kepada Sekjen yang baru Remigo Yolando Berutu (Bupati Pakpak Bharat) di Taman Lakipada Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Sungai Tangka, Sabtu (27/10) malam. Sertijab ini dirangkaikan dengan ramah Tamah Gubernur Sulsel dengan Dewan Pengurus Apkasi.

Sertijab disaksikan langsung oleh Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Mardani Maming (Bupati Tanah Bumbu) bersama pengurus harian lainnya.

Serah terima yang ditandai dengan penandatanganan berita acara. Dilanjutkan penyematan Pin oleh Ketua Umum APKASI oleh Ketua Umum Apkasi kepadA Gubernur Sulsel.

Nurdin Abdullah mengatakan selain pergantian Sekjen, asosiasi ini juga perlu mempersiapkan pergantian untuk Ketum. Ia sangat mengapreasi kepemimpinan Mardani Maming, organisasi yang dipimpinnya dapat berbicara banyak.

“Selamat bagi Sekjen Apkasi, ke depan kita perlu bekerja lebih intens lagi, mempersiapkan pengganti Pak Ketum. Di periode Pak Ketum, Asosiasi kita ini punya gigi, hampir semua kelembagaan pemerintahan terus melakukan kerjasama dan saya yakin tidak mudah mencari ketua umum seperti Pak Mardani. Beliau santai tapi tegas dan mau berkorban,” kata Nurdin Abdullah.

Pada kesempatan ini, NA menyampaikan apresiasi kepada para bupati yang hadir, karena bisa bersilaturahmi di Makassar.

“Terika kasih atas kehadirnya di Makasaar dan silaturahmi, semoga ini terus terjalin dan para bupati bisa memberikan yang terbaik untuk daerahnya masing-masing,” sebut NA.

Diketahui, sejak terpilih sebagai Bupati Bantaeng pada tahun 2008, Nurdin Abdullah langsung didaulat menempati posisi strategis di Apkasi yaitu sebagai Kepala Bidang Pertanian. Apkasi menyadari betul kemampuan NA dan diharapkan bisa berkontribusi besar bagi asosiasi, serta mampu memberikan pencerahan dalam membangun pertanian di daerah kabupaten di Indonesia.

Tahun 2015, seiring pergantian masa bakti kepengurusan Apkasi, Ia dipercaya Ketua Umum terpilih, Mardani Maming dan para bupati peserta Munas Apkasi IV, sebagai Sekretaris Jenderal Apkasi untuk periode 2015-2020.

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi Mardani Maming, menyebutkan terdapat lima pengurus Apkasi yang menjadi gubernur atau wakil gubernur, salah satunya Nurdin Abdullah.

“Sehingga ini akan memotivasi para pengurus,” harapnya.

Selain itu, bupati di daerah Kalimantan Selatan ini juga menyampaikan, untuk investor asing yang masuk di suatu daerah untuk tidak diberikan “pekerjaan sempurna”. Tujuannya agar pengusaha lokal berkembang.

Pekerjaan sempurna yang Ia maksud misalnya, dipertambangan, terdiri dari ada tambangnya, ada lahannya, smelter, jalan, pelabuhan, armada dan tongkanya.

“Itulahlah kerja sempurna pertambangan. Sehingga ada investor yang bukan orang Indonesia, berikan separuhnya saja, kalau smelter punya dia, paling tidak jalan dan pelabuhannya punya pengusaha lokal atau punya Pemda, jika Pemdanya bisa,” paparnya.

Adapun tujuannya, investor asing ini tidak bisa menjadi kekuatan penuh, karena tidak memiliki usaha sempurna sehingga Ia masih memiliki ketergantungan.

Sedangkan, Remigo Yolando Berutu meminta kesediaan Nurdin Abdullah untuk selalu memberikan masukan pada dirinya.

“Memohon selalu memberikan masukan agar bisa membawa asosiasi ini lebih baik dan dinamis ke depan. Karena berbagai tantanhan kita hadapi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan APKASI untuk Peduli Palu, Donggala dan Sigi secara simbolis dari ketua Apkasi kepada Koordiantor Posko Apkasi, disaksikan oleh Gubernur Sulsel. Bantuan yang diserahkan sebesar Rp471.367.600.

Juga terlihat hadir pada penyerahan bantuan ini, Izrael, anak korban gempa dan tsunami Palu yang sempat diberitakan ingin ikut ke Jakarta bersama Presiden Jokowi.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...