Gubernur Minta PLN Dalami Persoalan Blackout

Fadli
Fadli

Sabtu, 17 November 2018 11:38

Gubernur Minta PLN Dalami Persoalan Blackout
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat hingga Jumat (16/11) sudah mulai berangsur-angsur normal, setelah mengalami blackout atau pemadaman total, sejak Kamis (15/16) pukul 15.21 WITA.

Wilayah terjadi padam total di sistem Sulawesi Bagian Selatan dan sistem Sulawesi Bagian Tengah.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, memberikan pernyataan terkait hal ini saat dia berada di Kupang, NTT melakukan kunjungan kerja. Dan dia telah menerima laporan terkait hal ini.

“Itu bagaimana, kenapa bisa blackout ya? Orang menderita semua itu, kita surplus 500 megawatt, cuma kok blackout,” kata Nurdin Abdullah.

Terkait permasalahan yang ada, saat ini sedang dilakukan penelusuran dan memdalami persoalannya. Lanjutnya, PLN menjanjikan jika listrik sudah mulai normal dan waktu sorenya dijanjikan kondisi kelistrikan sudah pulih.

“Tapi sudah mulai normal, sore ini (16/11) akan tuntas janji PLN. Saya mau panggil PLN dulu, suruh ngecek semua,” sebutnya.

Dia berharap, jika akan dilakukan pemadaman agar pihak PLN memberikan informasi kepada masyarakat.

“Harusnya sebelum pemadaman itu ada penyampaian, tapi ini sih nggak tahu gimana, nanti saya coba dalami dulu persoalannya,” ujarnya.

Pihak PLN dalam keterangan resminya, menyampaikan hingga pukul 11.15 WITA pasokan daya masuk di Sistem Sulawesi Bagian Selatan sudah meningkat menjadi 470 MW. PLN menargetkan pada malam harinya semua sudah kembali normal.

Lebih lanjut, disampaikan penyebab padam tersebut ada tiga. Yaitu, gangguan akibat cuaca buruk di Transmisi Line Makale – Palopo. Gangguan di Transmisi line 275 kV Poso – Latuppa dikarenakan malfunction. Serta pembangkit lepas di Punagaya, sehingga pembangkit lainnya seperti PLTA Poso dan PLTA Bakaru terjadi Under Frequency. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...