Capai Target, Gubernur dan Wagub Sulsel Puji Bapenda Sulsel

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 02 Januari 2019 13:54

Gubernur SUlsel Nurdin Abdullah
Gubernur SUlsel Nurdin Abdullah

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Kinerja positif Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tahun 2018 mendapatkan apresiasi dan pujian dari Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (NA) dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Bapenda Sulsel dipuji karena surplus target Rp 9,5 miliar. Apresiasi itu disampaikan langsung oleh keduanya saat memberikan pengarahan di Rapat Kerja dalam rangka mengawali pelaksanaan kegiatan APBD Provinsi Sulsel tahun 2019, di Hotel Claro Makassar, Rabu (2/1/18).

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, dalam beberapa bulan menjabat, ada beberapa OPD yang sudah berprestasi. Salah satunya Bapenda Sulsel yang telah melebihi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dibebankan selama tahun 2018.

“Bapenda Sulsel telah melampaui penerimaan kita, ini patut diberi apresiasi,” kata Nurdin dalam acara yang dihadiri seluruh pejabat lingkup Pemprov Sulsel ini.

Hal yang sama diungkapkan oleh, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang ikut memberikan pengarahan. Menurutnya pencapaian yang dilakukan Bapenda berkat inovasi dan terobosan selama satu tahun terakhir.

“Terima kasih kepada Bapenda atas pencapaian PAD-nya. Semoga tahun ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lewat inovasinya,” ungkap Andi Sudirman.

Seperti diketahui, hingga Senin (31/12) pukul 21.00 Wita, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mencapai target pajak bahkan surplus hingga Rp9,5 miliar lebih dari total target Rp3,5 triliun lebih.

Kepala Bapenda Sulsel Tautoto TR, mengatakan, pencapaian target PKB tersebut sudah termasuk penambahan target pada APBD perubahan yang jumlahnya sekitar Rp100 miliar.

Target pajak daerah, retribusi daerah, dan pendapatan lain-lain yang ditarget sebesar Rp3.514.229.030.000 berhasil dicapai Rp3.523.773.000.299 atau surplus Rp9.543.970.299

Menurutnya Tautoto, target tersebut dapat dicapai berkat kerja keras semua staf bapenda di 25 UPT plus di kantor pusat.

“Target dapat kami capai bahkan surplus berkat arahan dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel yang terus mendorong kami dalam melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujar Toto, sapaannya.

Dalam program 100 hari kerjanya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meluncurkan layanan unggulan baru yakni Samsat Lorong, Samsat Mobile Banking, dan Samsat Sipakainge’ di Bapenda Sulsel. Layanan unggulan tersebut berkontribusi signifikan pada pendapatan bapenda.

Layanan ini sangat disukai wajib pajak karena mereka tak perlu ke kantor samsat untuk membayar pajak. Cukup melalui ponsel saja. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:40
Kolaborasi Terjalin Kuat antara Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana
Dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dan respons terhadap bencana, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memberikan penghargaa...
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...