Pemkab Bantaeng Sosialisasikan Asuransi Nelayan

0
51

TROTOAR.ID, BANTAENG — Pemerintah Kabupaten Bantaeng melakukan sosialisasi dan penyerahan Asuransi nelayan dan kartu pelaku usaha perikanan dan kelautan (Kusuka). kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantaeng di Tempat Pelelangan Ikan Kaili, Kecamatan Bantaeng.

Sosialisasi ini dilakukan dengan dihadiri oleh pelaku usaha Kelautan dan Perikanan. Mereka di antaranya adalah nelayan, pembudidaya, pemasar ikan yang sebagian besar berasal dari Kecamatan Bissappu. Total yang ikut dalam penyerahan dan sosialisasi ini mencapai 200 orang.

Baca Juga  Karaeng Jaja Melapor, Nurdin Abdullah: Lanjutkan Saja Dulu

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Dimiati Nongpa mengatakan untuk 2019, Kabupaten Bantaeng mendapatkan jatah asuransi bagi 804 nelayan.
“Tahun depan insyaallah pemerintah akan mencoba mengakomodir 1.200 asuransi bagi nelayan,” jelasnya.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, peningkatan SDM nelayan bukan semata-mata tentang bagaimana cara memperoleh hasil tangkapan yang banyak dan baik. Salah satu caranya adalah dengan upaya perlindungan dan pemberdayaan nelayan itu sendiri.

Baca Juga  Warga Pangala Syukuran Atas Kemenangan Nurdin Abdullah

“Risiko seorang nelayan dalam melaksanakan aktivitas di laut tentu sangat besar, apa yang kita lakukan ini sebagai wujud komitmen pemerintah yang mau ikut hadir dan bertanggungjawab terkhusus kepada warga masyarakat yang bermatapencaharian sebagai nelayan,” kata dia.

Para nelayan yang telah terdaftar pada kartu Kusuka, secara otomatis akan menjadi peserta asuransi nelayan tahun depan. Syarat untuk menjadi peserta asuransi nelayan, yakni nelayan, pembudidaya, pengolah hasil perikanan serta pemasar.

Baca Juga  Di HUT Wajo ke 620 Tahun, Nurdin Abdullah Bagi-Bagian Uang Sebesar Rp 35 Miliar

Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain Camat Bissappu, Pimpinan Wilayah BNI Cabang Bantaeng, serta perwakilan PT. Asuransi Nelayan Jasa Indonesia.