Tim Reaksi Cepat Disiagakan BPBD Bantaeng

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Kamis, 09 Januari 2020 18:39

Tim Reaksi Cepat Disiagakan BPBD Bantaeng

TROTOAR.ID, BANTAENG — Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantaeng bersama Badan SAR Nasional atau Basarnas kini menyiagakan personil tim reaksi cepat (TRC) guna mengantisipasi terjadinya bencana alam selama musim hujan yang terbilang cukup ekstrem ini.

Kepala BPBD, Irfan Fajar menuturkan, terdapat empat regu pada tim yang beranggotakan 24 pesonil itu. Mereka akan bersiaga selama 24 jam sehari dengan pembagian dua shift.

“Kami sudah siapkan anggota TRC dengan anggota 24 orang personil. Mereka terdiri dari empat regu dengan pembagian waktu siaga siang dan malam atau dua shift,” ujar Irfan Fajar, Kamis, 9 Januari 2020 di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Eremerasa Kabupaten Bantaeng ini menambahkan selain 24 anggota TRC dari BPBD Bantaeng, terdapat pula sembilan orang anggota Basarnas yang tengah disiagakan. Termasuk peralatan search and rescue.

Menurutnya penyiagaan tim reaksi cepat menjadi perhatian khusus bagi BPBD mengingat kondisi cuaca saat ini bisa mengakibatkan terjadinya bencana alam.

“Melihat kondisi cuaca saat ini, tentunya memang harus menjadi perhatian khusus. Jadi segala sesuatunya, peralatan di sini sudah kita persiapkan,” tutur pria yang akrab disapa Karaeng Irfan ini.

BPBD Bantaeng sendiri, kata dia, telah memberikan imbauan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa agar melaporkan sesegera mungkin ketika mendapati bencana alam di masing-masing wilayah.

“Sudah kita instruksikan, bilamana ada warganya terkena dampak cuaca ekstrem untuk layak dibantu, kami minta untuk secepatnya dilaporkan,” pungkasnya.

Ketgam : Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin saat mengecek perlengkapan Basarnas di Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantaeng, Selasa, 30 Oktober 2019 lalu.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik20 April 2024 16:21
NasDem, Gerindra, dan Demokrat Membahas Strategi Hadapi Pilkada Serentak
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, H Syaharuddin Alrif, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin, dan Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah, mengadakan ...
Metro01 Mei 2024 22:07
Bangun Kesadaran Keamanan Digital: Plt Kadis Kominfo Makassar Jadi Narasumber Podcast
Informatika (Kominfo) Makassar, Ismawaty Nur, menjadi narasumber dalam sebuah podcast yang diselenggarakan oleh media Kabar Makassar pada Selasa, 30 A...
Metro01 Mei 2024 21:58
PJ Gubernur Sulsel Bersama Istri Hadiri Puncak HUT Jeneponto
Shofa Marwah Bachtiar, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan (Sulsel), bersama Penjabat Gubernur Bachtiar Baharuddin, turut hadir dalam pe...
Politik01 Mei 2024 18:20
Bertepatan May Day, PD Sulsel Buka Pendaftaran Balon Cagub dan Cawagub
Bertepatan Dengan Peringatan Hari Buruh Sedunia, Partai Demokrat Sulawesi Selatan mulai melakukan penjaringan calon Gubernur dan Wakil gubernur Sulsel...
Metro01 Mei 2024 17:14
Ketua DPRD Sulawesi Selatan Berkomitmen Memperjuangkan Tuntutan Massa Buruh
Andi Ina Kartika Sari, Ketua DPRD Sulawesi Selatan, menyambut massa aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh di depan Kantor DPRD Sulsel...