GPI Soroti Aktifitas Pertambangan Ilegal di Enrekang

Fadli
Fadli

Kamis, 13 Februari 2020 01:58

GPI Soroti Aktifitas Pertambangan Ilegal di Enrekang

Trotoar.id,Makassar – Gerakan Pemuda Intelektual (GPI) Sulawesi Selatan mendesak Pemerintah daerah untuk membuat panitia khusus terkait dugaan pelanggaran tambang ilegal di Kabupaten Enrekang.

Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Enrekang Nomor 14 Tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) dimana daerah tambang yang beroperasi saat ini di Kecamatan Maiwa/Baroko Dan Cendana tidak termasuk kawasan yang diperuntukan sebagai kawasan tambang.

Hal itu dipertegas lagi dari hasil investigasi dilapangan bahwa aktifitas pertambangan ilegal di wilayah tersebut mengakibatkan dampak kerusakan lingkungan yang cukup massif.

Sehingga hal ini perlu perhatian khusus dari pemerintah daerah khusisnya Pemprov Sulsel dan DPRD Sulsel untuk mengecek segala dokumen administrasi yang dimiliki perusahaan tersebut.

“Pemda Seharusnya Perhatikan Perda Kab Enrekang Nomor 14 tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sebelum Mengeluarkan Rekomendasi,”ungkap Jendral Lapangan Aksi Doni Elyoena.S saat menggelar aksi di DPRD Sulsel, Kamis (13/2/2020).

Lanjut Doni dalam orasinya mengatakan bahwa perkembangan pembangunan Infrastruktur saat ini sangat berdampak pada peningkatan dan pengelolaan Sumber daya Alam.

Namun jika aktifitas pertambangan yang diduga ilegal ini masih berlanjut, Gerakan Pemuda Intelektual akan menyatakan sikap dan akan melakukan aksi turun kejalan dengan estimasi massa yang lebih besar lagi.

“Berharap Pihak PemProv Untuk Memanggil Pihak Terkait Dalam Jangka Waktu 7 Hari Ke depan, Jika tidak Terpenuhi kami akan Melakukan Aksi Besar Besaran Di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, “tegas Doni.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...