Pemudik yang Masuk Sulsel Harus Dikarantina

Fadli
Fadli

Sabtu, 04 April 2020 21:49

Pemudik yang Masuk Sulsel Harus Dikarantina

TROTOAR. ID, PAREPARE, – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, meminta, kepada Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, untuk melakukan karantina bertahap terhadap pemudik yang datang melalui Pelabuhan Parepare.

Karantina bertahap yang dimaksud, semua penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Parepare disiapkan tempat karantina selama 14 hari, dan bagi yang dinyatakan sehat baru melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan. Sedangkan bagi yang ada gejala terpapar Covid-19 langsung diisolasi khusus.

Adapun yang dinyatakan sehat setelah karantina 14 hari, terus dipantau di daerah tujuan akhir. Penumpang dari perantauan yang turun di Pelabuhan Nusantara sebanyak 422 orang, Jumat 3 April 2020.
Mereka menumpang KM Adithia dari Nunukan sebanyak 202 orang dan sebanyak 220 orang dari Samarinda menumpang KM Thalia.

Sistem karantina bertahap ini diberlakukan terhadap semua orang yang masuk di Sulsel melalui pelabuhan dan bandara. Karantina berlaku untuk semua orang yang masuk ke Sulsel. Termasuk warga Sulsel dari bepergian ke daerah lain.

Nurdin Abdullah menjelaskan, segala hal yang muncul dalam program karantina pemudik ini termasuk biaya ditanggung bersama Pemerintah Parepare dan Pemerintah Sulsel.

“Nanti kita bareng. Sama-sama. Coba cek hotel-hotel di sini,” ujarnya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengatakan, akan menyiapkan fasilitas penampungan penumpang yang turun di daerahnya. “Sekarang belum ada fasilitas khusus. Tapi kami akan siapkan,” ujarnya.

Hadir mendampingi Taufan Pawe adalah Wakil Wali Kota Pangeran Rahim dan beberapa pejabat terkait, termasuk Kepala Sahbandar. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...
Daerah18 April 2024 16:42
BKPSDM Luwu Gelar Orientasi Nilai dan Etika untuk 110 ASN PPPK di Kabupaten Luwu
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu menggelar kegiatan Orientasi Nilai dan Etika bagi 110 Aparatur Sipil Ne...
Politik18 April 2024 15:55
Pertemuan Santai RMS dan Rudal: Bicara Pilkada dan Potensi Politik Sulsel
Suasana santai terpancar dari pertemuan antara RMS dan Rudal yang berlangsung akhir pekan lalu. Tidak hanya sekedar silaturahmi, pertemuan ini menjadi...
Metro18 April 2024 15:22
Upaya Pemprov Sulsel dalam Pengembangan Sektor Hortikultura
Dalam semangat kolaborasi dan keberlanjutan, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan memimpin acara silaturahmi hangat bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortik...