Home / Nasional / Pilkada

Minggu, 17 Mei 2020 - 22:03 WIB

Ketua KPU, Pastikan Pilkada di Tahun 2020 Sulit di Gelar

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum dapat memastikan pelaksanaan Pilkada akan digelar pada Desember 2020 mendatang, jika pandemi virus Corona masih berlanjut hingga akhir agustus nantinya. 

Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan pelaksanaan pilkada serentak tergantung pada kondisi Pandemi, sehingga pelaksanaan Pilkada akan digelar pada tahun 2021.

“KPU tak bisa perkirakan bencana ini akan selesai kapan, maka KPU keluarkan opsi berikutnya. Apabila tidak selesai dalam waktu yang kita perkirakan, maka diberi opsi dua: Maret 2021, kalau tak selesai juga, maka opsi kedua September 2021,” ucap Arief Budiman dalam diskusi online Syarikat Islam (SI), Minggu (17/5).

Baca Juga  Ditetapkan Sebagai Capres, Jokowi vs Prabowo Mulai Tancap Gas

Hingga dijelaskan jika penundaan pilkada ketahuan 2021 akan diambil bila pandemi Corona masih berlanjut, hingga pemerintah mencabut darurat pandemi yang kali ini ditetapkan pemerintah 

Hingga dikatakan, jika BNPB kenerapkan pandemi hingga 29 Mei. Dalam hal ini, Pilkada bulan Desember hanya bisa digelar jika status tanggap darurat dicabut 29 Mei.

” Jadi besok (29 Mei) harus berakhir sehingga 30 Mei bisa mulai tahapan sosialisasi, aktifkan kembali badan adhoc, dan tahapan lain yang ditunda untuk dilanjutkan,” terang Arief dikutip Kumparan.com

Baca Juga  Warga Duampanua Bersatu Mendukung BERSALAM

Hingga dikatakan, jika PSBB masih berlanjut dan angka penularan masih saja terjadi makan KPU tidak berani ambil resiko untuk menggelar pilkada

“Kalau syarat itu tidak terpenuhi, maka tak bisa diselenggarakan Desember. Maka opsi kedua Maret 2021,” lanjutnya.

“Kalau Agustus belum bisa, maka akan menuju opsi 3 September 2021. Kalau ini ruang akan lebih longgar tersedia karena tahapan dimulai Februari 2021, artinya mungkin saja semua pemulihan sudah normal. Pemulihan ekonomi, transportasi, dan lainnya,” ucap Arief.

Share :

Baca Juga

Nasional

Polisi Gagalkan Pengiriman 25 Kg Bahan Peledak ke Bali dan Banyuwangi

Nasional

NH Bicara soal Keganjilan Foto SN

Hukum

Ini Pengakuan Pendeta yang Selamat Dari Penembak Misterius di DPR RI

Kesehatan

Bertambah 973 Kasus, Total Pasien Corona Capai 20.162 Orang

Nasional

Dua Anggota Ombudsman RI Positif Terpapar Corona

Hukum

Polisi Temukan Fakta Baru Pembunuhan Sisca Di Apartemen
Partai Politik

Metro

Nasdem Pastikan Usung DP di Pilkada Makassar, Bagaimana Dengan None?

Nasional

Muhamad Ikram Pelesa Daftar Calon Ketua Umum PB HMI