Setelah Berhasil Kudeta Kepala Negara Myanmar, Panglima Militer Umumkan Diri Sebagai Pemimpin Baru

Suriadi
Suriadi

Senin, 01 Februari 2021 19:00

Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing
Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing

TROTOAR.ID – Dilansir dari berbagai sumber internasional, pasca pimpinan negara diamankan, kekuasaan masyarakat sipil di Negara Myanmar itu resmi direbut oleh militer.

Hal itu ditandai ketika Panglima Jenderal Senior Min Aung Hlaing menyatakan diri sebagai pemimpin baru Myanmar, lalu diumumkan ke seluruh penjuru negara itu.

“Kekuasaan sudah diserahkan ke Panglima Militer Angkatan Bersenjata, Jenderal Senior Min Aung Hlaing,” kata siaran yang disampaikan televisi militer.

Siaran itu disiarkan ke seluruh penjuru Myanmar. Penyerahan kekuasaan dilakukan usai militer menangkap Presiden Win Myint dan State Counsellor Aung San Suu Kyi.

Kepala Negara dan Kepala Pemerintah Myanmar itu ditangkap sehubungan dengan sengketa pemilu. Militer menuduh pemerintah melakukan kecurangan pada pemilu 2020 lalu.

Diberitakan sebelumnya, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan tokoh senior lainnya dari partai yang berkuasa telah ditahan dalam penggerebekan dini hari, kata juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang mengatur, Senin.

Tindakan itu dilakukan setelah beberapa hari ketegangan yang meningkat antara pemerintah sipil dan militer yang kuat yang menimbulkan ketakutan akan kudeta setelah pemilihan umum yang menurut tentara curang.

Juru bicara NLD Myo Nyunt mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah “dibawa” pada dini hari.

Penulis : Muhammad/Trotoar.id

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...