Bahas Mitigasi Kebencanaan Wabup Sinjai, Temui Wagub Sulsel

Awal Nur
Awal Nur

Jumat, 19 Februari 2021 23:08

Wakil Bupati Sinjai Kartini menemui Wakil Gubernur Sulsel Diruah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel
Wakil Bupati Sinjai Kartini menemui Wakil Gubernur Sulsel Diruah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong bersama Kepala BPBD Sinjai dalam di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jum’at, 19 Februari 2021. Yang turut dihadiri oleh Kepala BPBD Sinjai, Budiaman.

Para pemimpin ini membahas Bumi Panrita Kitta terutama persoalan banjir dan sering menjadi langganan jika memasuki musim penghujan.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong mengatakan, jika Sinjai wilayah yang rawan terjadi bencana. Ia pun meminta arahan dari Wagub Sulsel terkait upaya yang akan dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana.

“Kami juga membahas terkait mitigasi penanggulangan kebencanaan hasil rekomendasi Satgas daerah,” kata Andi Kartini.

Sedangkan Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan, bahwa Pemkab Sinjai telah melakukan upaya mengatasi risiko bencana atau biasa disebut mitigasi. Apalagi, Sinjai pernah terkena banjir bandang pada 2006 lalu.

“Kendala kita diantaranya sungai, drainase. Perlu pengerukan, apalagi saat ini musim penghujan, jadi kita melakukan mitigasi,” katanya.

Pihaknya pun, kata dia, berencana membangun tempat menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal atau kolam retensi. Namun, Pemkab Sinjai, masih melakukan upaya pembebasan lahan untuk rencana tersebut.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, jika opsi lain yang bisa dilakukan dengan membangun kolam regulasi.

“Kita butuh pembebasan lahan dulu oleh Pemda Kabupaten Sinjai. Setelah bebas baru didorong pembangunan, jika besarnya pada wilayah kewenangan Provinsi kita ajukan tetapi jika melebihi kewenangan kita usulkan ke Balai Besar WS-JP Kementerian” bebernya.

Dirinya pun berpesan, agar pemerintah melakukan kinerja yang terbaik untuk diberikan ke masyarakat.

“Bekerja saja, jalan saja. Maksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat. Perbaiki kerja-kerja kita yang terasa langsung masyarakat serta bersinergi” pintanya.(*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...