Pemda Bulukumba Berikan Kartu Identitas kepada Anak-anak

Suriadi
Suriadi

Senin, 05 April 2021 19:19

Jajaran Pemda Bulukumba, (Trotoar.id).
Jajaran Pemda Bulukumba, (Trotoar.id).

TROTOAR.id—Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara resmi me-launching Kartu Identitas Anak (KIA). 

Peluncuran KIA dilakukan langsung oleh Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, di Ruang Rapat Bupati, Senin (5/4/2021).

Dalam laporannya, Kadisdukcapil, Andi Mulyati mengungkapkan bahwa KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak dibawah 17 tahun serta berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya. 

KIA memiliki fungsi untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

Andi Mulyati menambahkan bahwa dalam upaya mencegah penularan covid-19, Disdukcapil membentuk tim untuk turun ke lapangan guna melakukan perekaman identitas kepada masyarakat.

 “ini adalah upaya kami terjun ke masyarakat agar masyarakat yang antri di kantor Disdukcapil tidak terlalu membludak, dan untuk memudahkan masyarakat,” ucap Andi Mulyati.

Sementara itu, Bupati Bulukumba mengungkapkan penerbitan KIA oleh Disdukcapil merupakan suatu inovasi dari layanan publik sebagai upaya pemerintah dalam hal perlindungan serta pemenuhan hak anak di kabupaten Bulukumba.

“Tentunya, saya menginginkan agar seluruh anak di Kabupaten Bulukumba kedepannya agar memiliki KIA,” kata Andi Utta, sapaan akrab Bupati.

Ia berharap kepada semua pihak agar men-support pendistribusian KIA agar penyalurannya dapat terlaksana tanpa hambatan, serta Andi Utta juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Bulukumba khususnya para orang tua agar ikut terlibat bertanggung jawab terhadap pengawasan anak agar tingkat kenakalan remaja yang terjadi di Bulukumba menurun.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mulyati Nur,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Akhmad Januaris, serta Pimpinan dan Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bulukumba. (Al/ltf)

 Komentar

Berita Terbaru
Danny Ikut Laga Sepak Bola Friendly Match Antara Tim Pemkot Lawan Legenda PSM
Metro12 April 2021 22:01
Danny Ikut Laga Sepak Bola Friendly Match Antara Tim Pemkot Lawan Legenda PSM
TROTOAR.ID, MAKASSAR,~ Sebagai penggemar olah raga Sepak Bola,Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto menyempatkan diri bermain sepak bola dise...
Ceramah Tarwih Diawal Ramadhan, Danny Pomanto Himbau Jamaah Amalkan Isi Alquran
Metro12 April 2021 21:59
Ceramah Tarwih Diawal Ramadhan, Danny Pomanto Himbau Jamaah Amalkan Isi Alquran
TROTOAR.ID, MAKASSAR,~ Memasuki awal bulan suci Ramdhan 1442 H Walikota Makassar Moh.Ramdhan "Danny" Pomanto memberikan ceramah di Masjid Nur Al-Aqsa ...
Enam Pria Masuk Pengurus TP-PKK Luwu Utara
News12 April 2021 18:32
Enam Pria Masuk Pengurus TP-PKK Luwu Utara
TROTOAR.ID, LUWU UTARA --- Kalau selama ini Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu Utara dimonopoli kaum perempuan...
ASS Terima Rombongan Komisi X DPR RI di Kantor Gubernur Sulsel
News12 April 2021 18:06
ASS Terima Rombongan Komisi X DPR RI di Kantor Gubernur Sulsel
TROTOAR.id – Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka diterima oleh Plt...