Pemkab Sinjai Kembali Bangun Empat Paket Jalan, Ini Titiknya

Suriadi
Suriadi

Selasa, 20 April 2021 16:23

Pemkab Sinjai Kembali Bangun Empat Paket Jalan, Ini Titiknya

TROTOAR.id, Sinjai—Pemerintah Kabupaten Sinjai berkomitmen agar pendapatan petani bisa meningkat dan sejahtera, salah satunya dengan mempermudah akses petani untuk membawa hasil produksi dari sawah melalui pembangunan dan rehabilitasi Jalan Usaha Tani (JUT).

Untuk tahun 2021 ini Pemkab Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai kembali akan membangun 4 paket jalan usaha tani. 

Kepala Seksi Lahan Irigasi, Pembiayaan dan Investasi Dinas TPHP Sinjai Hamiruddin saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (20/4/21) mengatakan bahwa 4 paket jalan ini tersebar di 3 kecamatan yakni di desa Talle dan desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan, Desa Saotanre, Kecamatan Sinjai Tengah, dan Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe. 

Dalam satu paket ini panjangnya bermacam-macam tergantung kondisi lahan dan jenis pekerjaannya apakah itu perintisan atau perkerasan. Anggarannya berasal dari dana DAK, dimana masing-masing per paketnya itu senilai 190 juta rupiah, ” katanya. 

Adapun dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani yang ada di wilayah tersebut. 

Jalan tani ini menurutnya sangat bermanfaat untuk mendukung akses para petani dalam pengangkutan sarana produksi ke lokasi persawahan dan membantu mengakses pengangkutan hasil produksi dari lokasi ke pasar.

“Jalan tani ini memang sangat dibutuhkan para petani kita karena  berdasarkan survei kami ada beberapa sawah yang terisolir dan memang membutuhkan perintisan jalan agar memudahkan dalam pengangkutan hasil produksi,” jelasnya. 

Sejak dibawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA)  hingga tahun 2020 kemarin Pemkab Sinjai telah membangun dan memperbaiki 44 paket jalan usaha tani yang tersebar di 8 kecamatan kecuali Kecamatan Pulau Sembilan. 

Program ini merupakan salah satu program unggulan  Bupati Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong dalam rangka peningkatan produksi pertanian.

Selain itu Dinas TPHP Sinjai juga melakukan upaya modernisasi pertanian di Sinjai dengan memberikan sejumlah bantuan berupa alat pertanian maupun bantuan bibit tanaman pangan dan hortikultura. (Irsan S/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Ini Kuota CPNS dan PPPK Untuk Pemprov Sulsel 2021
Metro08 Mei 2021 23:48
Ini Kuota CPNS dan PPPK Untuk Pemprov Sulsel 2021
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah telah mengumumkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipili untuk setiap daerah. Sulsel sendiri sebagai salah ...
Jukir Liar Marak Jelang Lebaran, PD Parkir Jangan Kasi Uang, Atau Laporkan
Metro08 Mei 2021 23:24
Jukir Liar Marak Jelang Lebaran, PD Parkir Jangan Kasi Uang, Atau Laporkan
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Jelang lebaran sejumlah pusat perbelanjaan di kota Makassar diserbu warga untuk memenuhi kebutuhan lebaran 1442 Hijriah. Kes...
DPRD Makassar: Jamaah Shalat Id Dibatasi 50 Persen dalam Masjid, Tidak Ada Open House dan Halal Bihalal
News08 Mei 2021 21:25
DPRD Makassar: Jamaah Shalat Id Dibatasi 50 Persen dalam Masjid, Tidak Ada Open House dan Halal Bihalal
TROTOAR.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto menghimbau agar perayaan idul Fitri tahun ini berbasis RW, hal ini d...
Mahasiswa Olahraga Tolak Kompetisi Liga Tanpa Degradasi
News08 Mei 2021 21:06
Mahasiswa Olahraga Tolak Kompetisi Liga Tanpa Degradasi
TROTOAR. ID, MAKASSAR -- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (DPP IMORI), Fadly Idris menyampaikan penolakan atas Waca...