Terungkap! Saat Jadi Wabup, Organisasi Pertama yang Dicari Indah adalah PMI

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Minggu, 23 Mei 2021 15:48

Terungkap! Saat Jadi Wabup, Organisasi Pertama yang Dicari Indah adalah PMI

Trotoar.id, Luwu Utara –Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengungkapkan bahwa organisasi pertama yang ia cari saat pertama kali menjabat sebagai Wakil Bupati Luwu Utara pada 2010 adalah Palang Merah Indonesia (PMI).

Bukan tanpa sebab, Bupati Luwu Utara dua periode ini mengungkapkan hal itu. Mengingat PMI sebagai organisasi kemanusiaan sudah menjadi mitra sehati pemerintah dalam setiap penyelenggaraan kegiatan kepalangmerahan.

“Perlu diketahui bahwa PMI adalah sebuah organisasi kemanusiaan yang kehadirannya sangat dirasakan pada saat detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia. Maka dari itu, Presiden pertama, Ir. Soekarno, memerintahkan untuk segera membentuk organisasi PMI dan diketuai oleh Wapres pertama, Mohammad Hatta,” tutur Indah saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV PMI Luwu Utara, Minggu (23/5/2021), di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Indah mengakui bahwa tantangan PMI ke depan sungguh tidaklah mudah. Sebagai organisasi kemanusiaan yang selalu bergerak bersama masyarakat, ia berharap kehadiran PMI, khususnya di Luwu Utara, semakin dapat dirasakan manfaatnya.

Apalagi saat ini, lanjut Indah, Indonesia, terkhusus Luwu Utara, adalah sebuah daerah yang masuk zona rawan bencana, sehingga kegiatan PMI harus didominasi kegiatan-kegiatan mitigasi bencana.

“Siapa pun yang menjadi pengurus PMI ke depan, saya menitipkan untuk selalu menerapkan kegiatan mitigasi bencana, baik struktural maupun non-struktural. Karena Indonesia secara umum, masuk dalam ring of fire atau cincin api (zona rawan bencana), khususnya di Sulsel, terlebih lagi di Luwu Utara,” ujar dia mengingatkan.

Pada kesempatan itu, ia juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PMI Pusat dan PMI Sulsel atas atensi yang luar biasa ketika Luwu Utara dilanda banjir bandang pada 13 Juli 2020 lalu.

“Ini momen yang tepat menyampaikan terima kasih atas atensi yang telah PMI berikan, sehingga saat ini Luwu Utara memiliki dua Rencana Kontijensi, yaitu Kontijensi Tanah Longsor dan Kontijensi Banjir. Termasuk juga kerjasama kita dengan Palang Merah Australia,” terangnya.

Selain membuka Muskab, Indah juga melantik Pengurus KSR Unit Markas PMI Lutra periode 2020-2022 dan menyerahkan Piagam Relawan Tanggap Darurat kepada 3 Relawan PMI, yaitu Edwin, Kamaluddin dan Budiman. Turut hadir dalam Muskab ini, Ketua PMI Sulsel Bidang Organisasi Syamsuddin Saenal, serta unsur Forkopimda. (Lp/LH)

Penulis : LH

 Komentar

Berita Terbaru
News21 Juni 2021 23:42
Kunjungi TPI Sumpang, Andi Ina Ingatkan Protokol Kesehatan
Trotoar.id, Barru -- Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Andi INa Kartika Sari melakukan meninjau proses rehabilitasi bangunan Tempat P...
News21 Juni 2021 22:54
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara...
News21 Juni 2021 22:49
Budi Hastuti Sosialisasikan Perda Tentang Kesehatan
Trotoar.Id, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2009 tentang pelayanan ke...