Pemkab Sinjai Dorong Produktivitas Petani Jagung

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Senin, 24 Mei 2021 15:59

Bintek para ketua kelompok tani di Sinjai.
Bintek para ketua kelompok tani di Sinjai.

TROTOAR, SINJAI—Balai Penelitian Tanaman Serealia, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI bekerjasama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penangkaran Jagung Hibrida Litbang Pertanian, Minggu (23/05/2021).

Bimtek tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, yang diikuti sejumlah kelompok tani di Kecamatan Tellulimpoe.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, dan perkebunan Sinjai, Kamaruddin, mengatakan, bimtek ini dilakukan dalam rangka memberikan pedoman teknis kepada kelompok tani di lapangan dalam penangkaran varietas jagung hibrida.

Tujuannya, sebagai upaya meningkatkan produktivitas jagung di Sinjai yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani khususnya di tanaman jagung.

Insya Allah, akan menjadi nilai tambah penghasilan petani hingga mendongkrak ekonomi selama pandemi covid-19″, katanya.

Selain itu, untuk memaksimalkan potensi lahan yang siap di Sinjai sehingga kedepan Kabupaten Sinjai menjadi penghasil benih jagung hibrida unggul berbasis inovasi teknologi.

“Sesuai dengan harapan Bapak Bupati Andi Seto Asapa (ASA) kita akan menjadikan Sinjai sebagai kabupaten penghasil benih yang bermutu dan berkualitas sehingga terpenuhi benih jagung hibrida di tingkat kelompok tani,” jelasnya.

Adapun Para Pemateri berasal dari Balitsereal Maros dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian Maros (BPSB)

Sebagai gambaran, penangkaran varietas jagung hibrida sudah dilakukan di atas tanah seluas 5 hektar milik Pemkab Sinjai di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, April 2021 lalu.

Tidak hanya itu, kegiatan penangkaran jagung litbang pertanian seluas 55 hektar juga dilakukan di Kecamatan Bulupoddo. Termasuk ujicoba penangkaran di Kecamatan Sinjai Barat. (Ihsan/Iccang)

 Komentar

Berita Terbaru
News21 Juni 2021 23:42
Kunjungi TPI Sumpang, Andi Ina Ingatkan Protokol Kesehatan
Trotoar.id, Barru -- Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Andi INa Kartika Sari melakukan meninjau proses rehabilitasi bangunan Tempat P...
News21 Juni 2021 22:54
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara...
News21 Juni 2021 22:49
Budi Hastuti Sosialisasikan Perda Tentang Kesehatan
Trotoar.Id, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2009 tentang pelayanan ke...