Menpora Siapkan Anggaran Bangun Kembali Stadion Mattoanging

Suriadi
Suriadi

Senin, 31 Mei 2021 20:32

Menpora Siapkan Anggaran Bangun Kembali Stadion Mattoanging

Trotoar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mendukung penuh rencana Pemprov Sulsel membangun kembali Stadion Mattoanging.

Hal itu disampaikan Menpora kepada awak media usai menerima audiensi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Jakarta, Senin (31/5/21).

Zainudin mengatakan, salah satu tujuan utama kunjungan Plt Gubernur Sulsel tersebut adalah meminta arahan dan masukan terkait Stadion Mattoanging.

Termasuk soal additional desain yang diusulkan yakni Stadion Mattoanging berkapasitas 20 ribu seat.

“Itu homebase PSM Makassar yang sekarang ini masih dalam tahap perencanaan untuk dibangun kembali karena itu stadion bersejarah. Beliau minta saran dan masukan, Stadion itu jadi standar FIFA sehingga kalau ada kejuaraan internasional tak perlu mencari tempat lain,” ujar Zainudin.

Secara khusus, kata Zainudin, pihaknya sangat mangapresiasi komitmen Pemprov Sulsel tersebut. Sebab, meski seluruh Pemerintah Daerah masih terfokus pada penanganan pandemi Covid-19, namun Plt Gubernur Sulsel tidak melupakan kegiatan olahraga.

Olehnya itu, melalui kesempatan tersebut, Menpora berpesan kepada seluruh suporter sepak bola di Sulsel tetap mendukung Pemprov Sulsel dan Plt Gubernur dalam upayanya menghadirkan sarana olahraga representatif.

Menurutnya, situasi gaduh justru hanya akan mengganggu konsentrasi pemerintah yang saat ini tengah bekerja mempercepat pembangunan Stadion Mattoanging.

“Karena pasti mereka akan mengerjakan homebaseya PSM. Jangan menimbulkan hal-hal yang akhirnya akan menganggu pemerintah daerah yang sekarang ini mendesain sebagus mungkin agar stadion ini berstandar FIFA. Sekali lagi kepada para suporter dukung Gubernur untuk bisa menyelesaikan pekerjaan itu,” ucapnya.

Menpora juga menyampaikan kabar gembira yaitu Sulsel masuk 10 Provinsi Grand Design Olahraga Nasional. Nantinya, Sulsel akan menjadi sentra pembinaan atlet.

Dengan begitu, Sulsel layak mendapat perhatian dalam peningkatan sarana dan prasarana olahraga.

“Kita sekarang menunggu penyelesaian Perpres sehingga itu menjadi dasar hukum,” tandasnya.

Sementara, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berterima kasih atas perhatian besar yang diberikan Kemenpora terhadap Sulsel. Baik terkait rencana pembangunan Stadion Mattoanging, maupun masuknya Sulsel dalam Grand Design Olahraga Nasional.

Sudirman menuturkan, bentuk dukungan Kemenpora terhadap pembangunan Stadion Mattoanging yakni akan mengeluarkan rekomendasi kepada kementerian PUPR agar mendapatkan dukungan alokasi anggaran APBN.

“Menpora sangat setuju dengan dilakukan additional design yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah yakni dengan kapasitas 20.000 seat dengan single seat,” ujar Sudirman.

Berdasarkan arahan yang diterimanya, kapasitas tersebut tetap memenuhi standar FIFA selama fasilitas yang ada nantinya menyesuaikan dengan standarisasi FIFA.

Tak hanya itu, Menpora mengharapkan agar design mattoanging nantinya bisa mengadopsi arsitektur berdasarkan kearifan lokal.

“Desain itu kita rampungkan ke depan bersinergi kami juga datang menunggu arahan. Itu tidak lain agar apa yang kami lakukan sesuai dengan program Kemenpora,” jelasnya.

Di sisi lain, Sudirman menambahkan, terpilihya Sulsel menjadi 10 Provinsi prioritas pembinaan atlet akan memacu terbangunnya infrastruktur olahraga.

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga13 Juni 2021 01:40
40 Menit Babak Pertama Denmark Vs Finlandia, Christian Eriksen Jatuh Tak Sadarkan Diri, Pertandingan Ditangguhkan
TROTOAR.id—Laga Denmark melawan Finlandia mendadak menjadi hening saat laga berjalan 40 menit babak pertama, Minggu, (13/6/2021) 00.00 WITA. Pasalny...
News13 Juni 2021 01:37
Christian Eriksen Pinsang, Laga Denmark vs Finlandia Ditunda
Trotoar.id -- Laga tanding Grup B Piala Euro antara Denmark vs Finlandia harus terhenti, dikarenakan gelandang Denmark Christian Eriksen jatuh pingsan...
News12 Juni 2021 23:38
OKP dan DPK Tegaskan Tidak Ada Dulisme Kepemimpinan di KNPI Makassar
Trotoar.idMakasar -- Puluhan Ketua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) yang berhimpun di DPD KNPI Kota Makassar,...