Kominfo Akan Bangun Stasiun TVRI di Kabupaten Sinjai

Awal Nur
Awal Nur

Sabtu, 05 Juni 2021 14:17

Kadis Kominfo Sinjai.
Kadis Kominfo Sinjai.

TROTOAR, SINJAI—Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun stasiun pemancar TV digital TVRI di Kabupaten Sinjai.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah pusat dalam menyiapkan infrastruktur untuk implementasi migrasi televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) kepada pemerintah daerah. 

Sub Koordinator Monev Direktorat Pengembangan Pita Lebar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, A. Zulkifli mengatakan bahwa penyiaran TV digital merupakan salah satu program prioritas nasional yang rencananya mulai diterapkan pada bulan November tahun 2022 mendatang. 

“Penghentian siaran televisi analog dan beralih sepenuhnya ke siaran televisi digital mulai diterapkan pada tanggal 2 November 2022 di seluruh Indonesia, sebelum TV analog ini dicabut maka kita siapkan infrastrukturnya di Sinjai yaitu stasiun pemancar ,” jelasnya saat memaparkan Konsep perencanaan stasiun penyiaran TV digital di hadapan perwakilan instansi terkait di Ruang Kerja Kepala Diskominfo dan Persandian Sinjai, Jumat (04/6/21).

Menurut Zulkifli,  dipilihnya Sinjai sebagai salah satu lokus pembangunan stasiun pemancar TV digital karena Sinjai memiliki TV lokal yang izin analognya akan dicabut pada bulan November 2022 sehingga dengan adanya stasiun TV digital ini maka masyarakat tetap bisa menikmati siaran TV digital termasuk Sinjai TV yang merupakan TV lokal milik pemerintah. 

“Alhamdulillah respon pemda sangat baik, ini dibuktikan dengan lahan yang telah disiapkan di Kompleks Kantor Bupati Sinjai di Lingkungan Tanassang,” jelasnya. 

Ia pun berharap Pemda dapat mendukung kelancaran rencana pembangunan stasiun TV digital ini khususnya dokumen-dokumen perizinan yang menjadi syarat pembangunan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abu Bakar yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik rencana tersebut dengan harapan bisa memberikan kontribusi besar bagi pemkab dan masyarakat Sinjai. 

Sebagai tahap awal,  kata dia,  akan dilakukan penandatangan kerjasama antara Pemerintah daerah dengan Kementerian Kominfo terkait apa yang menjadi kewajiban dari masing-masing pihak

“Terkait dengan dokumen perizinan,  kita berupaya memberikan kemudahan kepada pihak yang akan membangun sepanjang memenuhi seluruh peraturan yang ada sebab ini tentunya dapat memberi kontribusi besar bagi pemda,” jelasnya. 

Sementara itu,  Kepala Diskominfo dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan menyatakan, dengan beralihnya ke TV digital memberikan dampak positif bagi daerah khususnya dalam mempromosikan produk unggulan maupun objek wisata dengan cakupan lebih luas. 

“Tidak hanya itu,  pemancar digital ini nantinya memiliki 8-12 slot sehingga Sinjai TV bisa memanfaatkan slot yang ada sehingga kedepan jangkauan siarannya bisa dinikmati lebih luas dan mutu siarannya semakin baik,” tuturnya (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
News29 Maret 2024 22:40
Dekranasda Gelar “Fashion for Charity”, Kumpulkan Rp146 Juta untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan sukses menggelar acara "Fashion for Charity" di Hotel Claro Makassar pada Jumat...
News29 Maret 2024 22:36
PKK Sulsel Gelar Ramadan Expo 2024 untuk Dukung UMKM
Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Ramadan Expo 2024 di Halaman Kantor PKK Sulsel, pada Kamis, 28 Maret 2024....
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...