Wabup Motivasi PMI Purna Berwirausaha, Ajak Peserta Kreatif, Produktif, Dan Konsisten

Fadli
Fadli

Rabu, 14 Juli 2021 05:05

Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Edhy Manaf
Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Edhy Manaf

Trotoar.id, Bulukumba – Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Kewirausahaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna dan Keluarganya yang bertempat di aula serbaguna Gedung Masyarakat Desa Bonto Tangnga Kecamatan Bontotiro, rabu (14/7/2021).

Pelatihan yang diperuntukkan para Purna Pekerja Migran tersebut bertujuan agar para peserta dapat mengaplikasikan keterampilan dan wawasan yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan wirausaha mandiri maupun kelompok yang produktif dan berkelanjutan.

Pelatihan telah dilaksanakan sebanyak 3 angkatan dari yang direncanakan sebanyak 4 angkatan dengan peserta sebanyak 20 orang dari setiap angkatan, 2 angkatan sebelumnya telah digelar di Kota Pare – Pare dan selebihnya akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba yakni pada tanggal 14-17 Juli untuk angkatan III dan 22-25 Juli untuk angkatan IV.

Wakil Bupati Bulukumba H. A. Edy Manaf saat memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta dan sekaligus membuka secara resmi pelatihan menyampaikan apresiasi kepada para pihak penyelenggara pelatihan.

Hal tersebut dapat memberikan modal keterampilan kepada para pekerja migran yang telah kembali ke kampung halamannya sebagai solusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19.

Wabup juga mengajak para peserta untuk menanamkan mindset kreatif serta terus inovatif serta menerapkan pengalaman – pengalamannya selama menjadi tenaga kerja migran di Negara lain serta dapat diterapkan dikampung halaman khususnya dalam berwirausaha, apalagi dengan berkembangnya teknologi berbasis digital yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana berbisnis secara online.

“Jangan hanya menjadi tenaga kerja, tapi memanfaatkan potensi yang ada didunia online dan tidak menutup ada pengetahuan disana untuk dibawa, diadopsi, dan dikembangkan di tempat kita,” tutur Wabup Edy Manaf.

Saat ini Pemerintah Daerah senantiasa memfasilitasi akses peningkatan skill, bantuan modal baik berupa alat maupun permodalan di perbankan, sehingga Wabup mengatakan yang dibutuhkan saat ini adalah motivasi dan semangat berusaha dari masyarakat.

“untuk itulah, pelatihan kewirausahaan ini menjadi salah satu bagian penting dari upaya yang dilakukan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebijakan pembangunan daerah,” tambah Wabup.

Selain itu, Wabup juga menekankan kepada para peserta untuk dapat bersungguh – sungguh memanfaatkan peluang yang diberikan untuk mengikuti pelatihan tersebut agar kedepannya akan menjadi modal untuk memulai usaha dan peluang kerja di tengah – tengah masyarakat.

“kepada mereka yang berkesempatan mengikuti pelatihan ini agar bersungguh – sungguh dan yang lebih utama yaitu konsisten, tidak suka berpindah – pindah usaha, karena konsisten itu nantinya akan melahirkan pengusaha yang professional,” ucap Wabup saat memberikan motivasi kepada peserta pelatihan.

Selain Wabup, tampak pula hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Kepala UPT BP2MI Sulsel Muhammad Agus Bustami SE. MM, Camat Bontotiro H. A. Rahmad Syafri, Camat Herlang Jumali S.Sos, para Pimpinan serta Jajaran Bank Syariah Indonesia (BSI), serta para Pimpinan dan Jajaran BPJS Ketenagakerjaan Bulukumba.

Penulis : Addy

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional23 Juli 2021 22:41
Tutup Akses Rumah Mengaji, PAN Akan Jatuhkan Sanksi Kepada Amiruddin
Trotoar.id, Makassar -- Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Pangkep Amiruddin menutup akses pintu masuk ke rumah tahfiz Alquran...
Daerah23 Juli 2021 21:46
Menuju TOP 45, Inovasi Getar Dilan Sukses Lewati Tahapan Verlap
Trotoar.id, Luwu Utara --- Verifikasi dan Observasi Lapangan (Verlap) terhadap inovasi Getar Dilan alias Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan usai ...