Walkot Makassar Tambah Tugas Tim Detektor Jadi Duta Vaksinasi dan Masker

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Sabtu, 17 Juli 2021 21:35

Wali Kota Makassar Danny Pomanto. (Alam/trotoar).
Wali Kota Makassar Danny Pomanto. (Alam/trotoar).

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menambah peran dan tugas  Satgas Detektor Program Makassar Recovery (MR) dari tugas skrining massal menjadi Duta Vaksinasi dan Duta Masker di seluruh RT se-Kota Makassar. Penambahan peran Satgas Detektor ini dilakukan Danny, usai berkonsultasi dengan para guru besar ilmu kedokteran, guru besar ilmu kesehatan masyarakat, dan para dokter ahli, dalam pertemuan virtual sehari sebelumnya. 

“Dari hasil pertemuan bersama para guru besar yang memiliki kompetensi dalam bidang pandemi dan kesehatan, termasuk para dokter-dokter, sesuai nasehat para ahli, kita melakukan modifikasi tugas para detektor menjadi duta vaksinasi dan duta masker di daerahnya,” ungkap Danny dalam keterangan pers di kediamannya, Jalan Amirullah, Sabtu (17/7/2021). 

Menurut Danny, berdasarkan laju peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Makassar, sesuai nasihat ahli kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Makassar dituntut segera mempercepat proses vaksinasi warganya, dengan target jumlah warga yang mendapatkan vaksin sebanyak 1,1 juta orang. 

“Target awalnya jumlah warga divaksin di Makassar sebanyak 240 ribu sudah tercapai, total yang divaksin saat ini sudah 340 ribu orang, sekarang targetnya ditambah menjadi 1,1 juta orang, jadi kita harus kerja keras untuk mengejar target, demi terciptanya herd immunity dengan jumlah warga yang sudah divaksin sebanyak 70 persen dari total populasi,” ujar Danny. 

Untuk mengejar target tersebut, Danny juga akan mengerahkan sebanyak 1.000 tenaga vaksinator terlatih untuk melakukan vaksinasi serentak di 5 kelurahan setiap harinya, yang melibatkan para tenaga kesehatan dari 9 Puskesmas di Kota Makassar. Diketahui Pemkot Makassar memiliki 47 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan. 

“Proses vaksinasi dilakukan di 5 kelurahan perhari dengan melibatkan nakes dari 9 Puskesmas lintas kecamatan, sehingga target vaksinasi 1,1 juta orang bisa tercapai bulan depan,” tambah Danny. 

Adapun tugas skrining pada warga Makassar, tetap dilanjutkan dengan memprioritaskan fungsi tracing dari Satgas Covid Hunter, pada warga yang memiliki indikasi atau terkonfirmasi positif Covid-19. 

Sementara itu, selain duta vaksinasi, para relawan detektor juga akan ditugasi menjadi duta masker, yang bertugas memberikan penyuluhan di seluruh RT di wilayahnya, agar seluruh warga Makassar melindungi dari paparan virus corona dengan menggunakan masker saat keluar rumah. (Alam)


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah28 Juli 2021 23:25
Sah! DPRD Lutra Tetapkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020 Menjadi Perda
Trotoar.id, Luwu Utara — DPRD Kabupaten Luwu Utara resmi menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Luwu Utara tentang Pertanggungja...
Metro28 Juli 2021 23:18
Unifa 32 Terbaik PTS di Indonesia Versi Webometrics
Trotoar.id, Makassar - Universitas Fajar (Unifa) Makassar berhasil masuk dalam pemeringkatan Webometrics Rank 2021. Webometrics merupakan organisasi p...