Total 562 Sapi dan 167 Kambing Dikurbankan di Sinjai

Suriadi
Suriadi

Rabu, 21 Juli 2021 17:16

Ketua PBHI Sinjai.
Ketua PBHI Sinjai.

TROTOAR.ID, SINJAI – Jumlah hewan kurban di Bumi Panrita Kitta’ (Sebutan daerah Kabupaten Sinjai) pada momentum hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/tahun 2021 mencapai 729 ekor hewan.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sinjai, Andi Zainal Arifin Nur, saat membacakan laporan pelaksanaan Hari raya Idul Adha di Masjid Islamic Center, Selasa pagi (20/4/2021).

Dari total jumlah hewan kurban, menurut Zainal, itu terdiri dari 562 ekor sapi dan 167 ekor kambing yang tersebar di sembilan kecamatan. 

“Jadi totalnya 729 ekor hewan kurban yang tercatat di PHBI Sinjai”, ungkapnya. 

Zainal, menambahkan hewan dikurbankan ini juga berasal dari keluarga besar Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sebanyak 5 ekor sapi yang disebar di beberapa kecamatan. 

Lima sapi tersebut diberikan untuk dikurbankan di masjid Islamic Center, masjid Al Muhajirin Aruhu Bulupoddo, Masjid Baiturrahman Aska Sinjai Selatan, Tellulimpoe, dan masjid Darul Istiqamah Biroro Sinjai Timur. 

“Pak Bupati ikut memberikan 5 ekor sapi untuk dikurbankan di lima tempat berbeda”, sambungnya. 

Selain Bupati ASA, keluarga Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kemudian jajaran Polres Sinjai 10 ekor sapi. 

“Kalau Polres tersebar di masing-masing Polsek”, tambah Zainal yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai.

Selanjutnya kata Zainal, Kecamatan Sinjai Utara 53 ekor sapi dan 6 ekor Kambing. Sinjai Timur 80 ekor sapi dan 41 ekor Kambing. Sinjai Selatan 80 ekor sapi dan 4 ekor Kambing. 

Hewan kurban lainnya yang tercatat diantaranya di Kecamatan Sinjai Tengah 83 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing. Sinjai Barat 60 ekor sapi dan 4 ekor Kambing, Bulupoddo 54 ekor sapi dan 58 ekor Kambing. 

Kemudian Kecamatan Tellulimpoe 103 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing. Sinjai Borong 33 ekor sapi dan 5 ekor Kambing serta Kecamatan Pulau Sembilan sebanyak 16 ekor Sapi. 

Sebelumnya, Bupati ASA bersama keluarga melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Islamic Center, di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara. 

Pelaksanaan salat id yang digelar tersebut mengutamakan protokol kesehatan yang ketat, dimana jamaah diwajibkan menggunakan masker serta jarak jamaah diatur sedemikian rupa dengan jarak 1 meter. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional25 Juli 2021 22:44
Bupati Lutra Terbitkan Surat Edaran Penerapan PPKM Level 3. Ini 14 Poin yang Wajib Diketahui
Trotoar.id, Luwu Utara --- Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 360/184/BPBD/VII/2021 tentang Penera...
Metro25 Juli 2021 22:14
Wahab: Komisi D Akan Perjuangkan Intensif Nakes
Trotoar.Id, Makassar - Ketua Komisi D DPRD Makassar Wahab Tahir beri atensi khusus pada tunjangan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) khususnya yang menang...
Daerah25 Juli 2021 17:59
Pemulihan Ekonomi Nasional, Pelaku UMKM Kecamatan Larompong Selatan Ikuti Pelatihan Packaging
Trotoar.idq, Makassar -- Masa pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menenga...