Belajar dari Perjalanan ‘Pak Budi’, Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Berikan Mahasiswa Kemerdekaan

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Selasa, 14 September 2021 20:24

Presiden Joko Widodo. (Istimewa)
Presiden Joko Widodo. (Istimewa)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, adalah sebuah contoh tentang seseorang yang berkarir jauh dari ilmu yang didapatkannya pada masa kuliah. 

Ia seorang Insinyur Teknik Fisika Nuklir yang menjadi bankir. Karirnya melesat sampai tangga paling puncak sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. 

“Dan sekarang, Pak Budi melompat lagi menjadi Menteri Kesehatan,” terang Jokowi, dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Senin kemarin. 

Jokowi lalu menyebut kalau Budi Gunadi Sadikin adalah sosok yang memberikan sebuah isyarat bahwa dunia pendidikan harus berubah.

“Perjalanan Pak Budi ini menyiratkan pesan kepada dunia pendidikan tinggi agar memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia,” terangnya.

Olehnya, Presiden Jokowi meminta perguruan tinggi memfasilitasi mahasiswa untuk berkembang dengan talentanya masing-masing.

“Saya meminta perguruan tinggi memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya yang belum tentu sesuai dengan pilihan program studi, jurusan, maupun fakultas. Karena kita ingat, pilihan studi jurusan, dan fakultas tidak selalu berdasarkan pada talenta. Dan ketidakcocokan itu kadang-kadang terasa saat kuliah,” ujarnya.

Jokowi juga berpesan agar kampus memberi ruang seperti memperbanyak mata kuliah pilihan sehingga mahasiswa dapat memilih apa yang menjadi talentanya.

“Seorang mahasiswa tidak perlu pindah program studi, jurusan, dan fakultas. Tapi beri mereka kesempatan untuk mengambil kuliah sesuai talentanya. Perbanyak mata kuliah pilihan, di dalam maupun di luar kampus,” pungkas Jokowi.

“Berikan mahasiswa kemerdekaan untuk belajar. Belajar kepada siapa saja, kepada praktisi atau industri, karena sebagian besar  nanti akan menjadi praktisi. Itulah esensi Merdeka Belajar, dimana mahasiswa merdeka untuk belajar. Dan kampus juga memperoleh kemerdekaan untuk berinovasi.” 

Penulis : Redaksi


 Komentar

Berita Terbaru
Metro17 September 2021 20:52
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pengadaan Tas Pengantaran Makanan Gojek
Trotoar.id, Makassar -- Dengan komitmen membantu masyakarat khususnya di tengah pandemi, Gojek dengan penerapan J3K yakni Jaga Kesehatan, Jaga Kebersi...