Inovasi Road To 100 Persen, BIN Bersama Pemerintah Bulukumba Gencarkan Vaksinasi Door To Door

Fadli
Fadli

Jumat, 03 Desember 2021 16:46

Inovasi Road To 100 Persen, BIN Bersama Pemerintah Bulukumba Gencarkan Vaksinasi Door To Door

Bulukumba – Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama Badan Intelijen Negara (BIN) tengah gencar melakukan berbagai inovasi dalam melaksanakan percepatan vaksinasi demi terwujudnya herd immunity di masyarakat.

Termasuk Pemerintah Kelurahan Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu sejak jumat (3/12/2021) pagi tadi melakukan door to door atau mengunjungi dari rumah ke rumah untuk mengedukasi masyarakat pentingnya vaksinasi covid-19 serta memberikan dosis vaksin kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.

Lurah Ela-Ela Irham Samsurya Nawir menuturkan bahwa kegiatan tersebut didasari arahan Bupati Muchtar Ali Yusuf yang menargetkan capaian vaksinasi di Kabupaten Bulukumba di akhir desember mampu mencakup 70 persen sehingga terwujud kekebalan kelompok yang bertujuan menekan kasus covid-19 di Kabupaten Bulukumba.

“Seperti yang disampaikan Bupati mengenai percepatan vaksinasi, kami di kelurahan membuat sebuah inovasi yaitu Ela-Ela Road To 100% vaksin. Saat ini kami bekerja sama dengan Puskemas caile melakukan door to door untuk memberikan vaksin ke masyarakat,” ujar Irham.

Secara teknis, Irham menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi door to door yang berkolaborasi dengan tim vaksinator dari Puskemas Caile tersebut dibagi menjadi 3 tim yg berkeliling ke rumah-rumah warga didampingi Babinsa, Bhabinkantibmas, serta Ketua RW selaku penanggung jawab lapangan yang paham betul terhadap kondisi warga di masing-masing wilayahnya.

Terkait capaian vaksin di Kelurahan Ela-Ela, dirinya menyebutkan saat ini telah mencapai di angka presentase 87.14 persen dari seluruh RT/RW. Namun, ia optimis capaian vaksinsi di Kelurahan Ela-Ela mampu mengejar target sampai 100 persen, hal tersebut berkat sosialisasi yang gencar dilakukan Pemerintah Kelurahan Ela-Ela kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan.

“Target proyeksi kita di Kelurahan Ela-Ela itu 3445 warga, dan sampai saat ini setelah dilaksanakan vaksinasi kemarin data yang ada pada kami sudah mencapai 3002 warga yang sudah divaksin. Jadi masih ada sekitar 400 warga yang akan kita sasar hari ini lewat door to door,” ungkapnya 

“Sesuai moto kami Ela-Ela Road To 100% vaksin, kami yakin dengan dukungan seluruh pihak kita mampu mencapai target yang diharapkan,” lanjut Irham menambahkan.

Camat Ujung Bulu Andi Ashadi yang juga turun langsung memantau kegiatan vaksinasi door to door tersebut mengapresiasi inovasi terhadap percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Ela-Ela. 

Bahkan, sesekali dirinya terlihat memberikan semangat kepada tim yang turun kelapangan. Serta disela-sela kesempatan pun, Andi Gatot, sapaan akrabnya juga mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi covid-19. 

“Dari 9 kelurahan di Ujung Bulu, baru Ela-Ela yang insya Allah tidak lama lagi mencapai 100 persen target sasaran. Dengan door to door ini kami ingin melihat juga apa kendala masyarakat dilapangan sehingga tidak ingin melakukan vaksin,” jelas Andi Gatot.

Terkait ketersedian vaksin, salah satu tim vaksinator PKM. Caile dr. Ana menyebutkan bahwa stok vaksin untuk Kelurahan Ela-Ela  cukup untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi untuk setiap warga di Ela-Ela, sehingga ia menyampaikan agar warga yang ingin melakukan vaksinasi tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan stok vaksin. 

Penulis : Addi

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...