DAERAH

Andi Utta: Jika Ada Panrita Lopi, Maka di Bulukumba Juga Panrita Bonsai

Fadli
Fadli

Jumat, 28 Januari 2022 11:41

Andi Utta: Jika Ada Panrita Lopi, Maka di Bulukumba Juga Panrita Bonsai

BULUKUMBA—Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bulukumba menggelar Pameran dan Kontes Bonsai skala Nasional di Kabupaten Bulukumba, tepatnya di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Matajang.

Pameran Bonsai yang digelar sejak 24 sampai 30 Januari tersebut ternyata memecahkan rekor dari pameran Bonsai yang selama ini digelar.

Ketua Panitia Ichdar Yeneng mengaku bangga karena seremoni pembukaan pameran bonsai dihadiri oleh kedua pemimpin Bulukumba, Bupati Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf.

“Biasanya cuman satu yang hadir kalau bukan pak bupati, wakil bupati tapi Alhamdulillah hari ini sore ini dihadiri langsung kedua pemimpin Bulukumba,” kata Ichdar mengawali laporannya saat pembukaan pameran, Kamis 27 Januari 2022.

Lebih lanjut dikatakan, pameran bonsai saat ini memecahkan rekor peserta terbanyak untuk skala Provinsi Sulawesi Selatan.

“Jumlah pohon peserta sebanyak 603 pohon merupakan rekor terbanyak yang ada di Sulawesi Selatan untuk sementara,” ungkap kepala suku SSB Al-Farabi ini.

Sementara untuk penganggaran kegiatan, akunya berasal dari dana patungan dari para anggota PPBI Bulukumba, termasuk dari beberapa pihak yang enggan disebutkan namanya.

Meski dalam pelaksanaan memiliki keterbatasan anggaran, namun Ichdar mengaku ia bersama rekan rekannya di PPBI Bulukumba yang kepengurusannya baru seumur jagung merasa bangga dapat menggelar kegiatan pameran dan kontes Bonsai skala nasional.


“Ini kegiatan nasional pertama yang dilakukan oleh PPBI Cabang Bulukumba dan Alhamdulillah kami bisa melaksanakan ini,” bebernya.

“Kami bekerja yang lain masih cerita,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan harapan kepada para pecinta bonsai bahwa dengan kegiatan tersebut semakin meningkatkan kebersamaan, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama pecinta Bonsai untuk kemudian terus dikembangkan dengan menunjukkan kreatifitas dan kreasi Bonsai sehingga semakin menarik.

Andi Utta sapaan akrabnya berharap dengan dukungan sumber daya alam dan usaha di sektor Bonsai ini dapat juga mendukung sektor Pariwisata Bulukumba sehingga semakin banyak orang berkunjung di  Kabupaten Bulukumba, baik untuk menikmati pesona alam Bulukumba, maupun untuk mencari beragam Bonsai di Bulukumba.

“Jika ada Panrita Lopi, maka di Bulukumba juga ada panrita bonsai,” bebernya.

Dijelaskan bahwa hobi membeli dan merawat bonsai itu unik, sama dengan hobi yang lain ketika sudah sangat disukai maka berapapun harganya akan dibeli.

Dikatakan, jika seseorang sudah menjadi pecinta sesuatu maka orang tersebut tidak lagi menghitung uang, dia akan berusaha mendapat barang tersebut. Ia mencontohkan barang barang bekas milik artis terkenal seperti Michael Jakson diburu untuk dimiliki.

Sebelum memasuki arena pameran, Bupati Muchtar Ali Yusuf melakukan pengguntingan pita tanda dibukanya arena pameran bonsai.

Didampingi oleh panitia pelaksana Bupati Andi Utta juga diminta untuk memilih salah satu bonsai sebagai Best In Show di pameran tersebut.

Andi Utta akhirnya memilih Bonsai Sancang ori milik Syamsul Alam yang merupakan anggota PPBI Cabang Makassar.

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
News27 Mei 2022 18:40
Lantik 50 Kepala Desa Andi Seto Ingatkan Amanah Rakyat
Trotoar.id, Sinjai – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 50 kepala desa terpilih hasil. Pilkades serentak 1...
Metro27 Mei 2022 17:32
Naoemi Octarina Minta Guru PAI Ajarkan Anak Tentang Tauhid Sejak Dini
Trotoar.id, Makassar - Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, meminta agar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bisa mengajarkan anak-anak tent...
News27 Mei 2022 17:29
Andi Agung Mappiwali Dikukuhkan sebagai Ketua Adat Karaeng Langnge-Langnge
Trotoar.id, Bulukumba,- Mantan Camat Herlang Andi Agung Karaeng Mappiwali, resmi menjadi Ketua Lembaga Adat Langnge-Langnge yang diikuti dengan pelant...
News27 Mei 2022 17:27
Hadiri Pelantikan APTISI, Danny Harap Kampus Swasta Lebih Berkualitas
Trotoar.id, MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri pelantikan dan rapat kerja Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta ...