Pemda Luwu Utara

Luwu Utara Pimpin Program TPS3R di Sulawesi Selatan: Resmikan 7 Gedung TPS3R di Desa Pince Pute

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 27 Januari 2024 20:14

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bersama Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi, mengukuhkan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke pada Sabtu (27/1/2024).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bersama Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi, mengukuhkan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke pada Sabtu (27/1/2024).

Trotoar.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bersama Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi, mengukuhkan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke pada Sabtu (27/1/2024).

Program Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) ini menjadi inisiatif penting dalam upaya pengelolaan persampahan pada skala komunal yang melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat.

Penyerahan gedung TPS3R ini dilakukan dalam upacara resmi, dihadiri oleh Bupati Indah Putri Indriani, yang juga istri dari Muhammad Fauzi. Hadirnya fasilitas TPS3R di Luwu Utara menjadi hasil perjuangan Muhammad Fauzi melalui program aspirasi.

“Terima kasih kepada Bapak Muhammad Fauzi dan juga kepada perwakilan balai penyedia sarana pemukiman Kementerian PUPR atas hadirnya program pembangunan TPS3R di Kabupaten Luwu Utara ini,” ucap Bupati Indah Putri Indriani.

Dalam keterangannya, Indah menyampaikan bahwa Luwu Utara menjadi kabupaten penerima program TPS3R terbanyak di Sulawesi Selatan dengan total 7 gedung TPS3R untuk tahun 2023. Salah satunya adalah TPS3R yang baru saja diresmikan.

“Alhamdulillah, kita bersyukur, semua pembangunan dapat selesai di penghujung tahun anggaran 2023 dan dirangkumkan di Januari 2024,” terangnya.

Bupati Indah berharap sarana ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. “Mari kita syukuri apa yang kita dapatkan. Salah satu cara mensyukurinya yaitu dengan memanfaatkannya dengan baik. Dengan fasilitas ini, desanya menjadi lebih bersih, lebih sehat, karena sampah keringnya sudah bisa dikelola dengan baik,” imbuhnya.

Menyinggung dampak lingkungan, Indah menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengurangi sampah kering, sekaligus mengurangi emisi gas kaca yang menyebabkan pemanasan global.

Muhammad Fauzi menegaskan bahwa TPS3R ditujukan untuk desa atau kelurahan guna mengelola sampah kering dengan nilai tambah. Program ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian tetapi juga mengurai sampah kering, khususnya dari rumah tangga.

Pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu menambahkan bahwa setiap program aspirasi yang dibawanya ke Luwu Utara telah menyentuh semua desa. Program tersebut melibatkan berbagai inisiatif seperti bedah rumah, Sanimas, PAMSIMAS, P3A, dan program lainnya yang menjadi mitra Kementerian di bawah Komisi V.

Penulis : ADV/LHr

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....