Pemprov Sulsel

PJ Gubernur Sebut 200 Ribu Lebih Debitur Memanfaatkan Dana KUR di Awal Tahun 2024

Suriadi
Suriadi

Jumat, 16 Februari 2024 20:00

PJ Gubernur Sebut 200 Ribu Lebih Debitur Memanfaatkan Dana KUR di Awal Tahun 2024

Teoroar.id, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menggalakkan sosialisasi pemanfaatan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendukung perkembangan perekonomian di daerah tersebut.

Hingga hari ini, Jumat, 16 Februari 2024, sebanyak 209.462 debitur di Sulsel telah berhasil mengakses dana KUR.

Hal ini terungkap dalam acara Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur pada hari yang sama.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementrian Koordinator Perekonomian, Ferry Irawan.

Ferry Irawan dalam sambutannya menjelaskan peran Kementerian dan Pemerintah Daerah dalam menyusun petunjuk teknis penyaluran KUR, mengunggah data calon debitur dari UMKM binaan, serta melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM binaan.

“Dalam realisasi penyaluran KUR pada tahun 2023, Sulsel merupakan yang tertinggi di luar Pulau Jawa, dengan realisasi mencapai Rp15 triliun,” ungkap Ferry Irawan.

Di Provinsi Sulsel, Pemda telah mengunggah data calon debitur sebanyak 364.396 orang ke SIKP, dengan rasio jumlah debitur KUR yang telah akad sebesar 57,48 persen, atau setara dengan 209.462 debitur.

“Pada tahun 2024, kami berharap dapat mengoptimalkan penyaluran KUR lebih lanjut agar dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih signifikan,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyoroti pentingnya distribusi KUR yang merata di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Bahtiar menekankan bahwa sektor pertanian, peternakan, dan perikanan juga harus mendapat perhatian yang sama.

“Dengan lebih dari 80 persen penduduk Sulsel bergantung pada sektor ini, kami berkomitmen untuk menyediakan akses KUR yang lebih luas, dan kami telah membentuk tim untuk menyosialisasikan cara mengakses KUR kepada masyarakat,” jelas Bahtiar.

Dengan demikian, upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan pemanfaatan dana KUR diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menggerakkan perekonomian daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Politik18 Mei 2024 12:31
Dikabarkan Maju Bersama Riogi, Andi Ina: Saya Belum Bahas Siapa Wakilku
Dalam persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Barru, Andi Ina Kartika Sari, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Prov...
Politik18 Mei 2024 12:21
Ratusan Simpatisan Antar Indira Daftar di PDI Perjuangan
Diantar oleh ratusan simpatisan pendukungnya Indira Yusuf Ismail menyambangi markas PDIP Kota Makassar di Jalan Serigala No. 86....
Politik18 Mei 2024 11:47
Lima Kader Dapat ST Untuk Pilgub Sulsel, Hanya IAS yang Tunjukkan Keseriusannya
Partai Golkar telah memberikan surat tugas kepada sejumlah kadernya di Sulawesi Selatan untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang. ...
Parlemen18 Mei 2024 11:22
DPRD Sulsel Kunker ke Provinsi Sultra Belajar Perda Tentang Jamsostek
Pansus Pembahas Rancangan Perda tentang Perlindungan Tenaga Kerja Melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan melakukan kunjungan kerja ke Kantor DPRD Sul...