Cegah Pemalsuan, Pengamat Imbau KPU Wajib Verifikasi Mulai Ijazah SD

Suriadi
Suriadi

Kamis, 18 Januari 2018 22:49

Cegah Pemalsuan, Pengamat Imbau KPU Wajib Verifikasi Mulai Ijazah SD

 

TROTOAR.ID, MAKASSAR — KPU Sulsel bakal melakukan proses verifikasi ijazah pasangan bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur. Hal tersebut sebagaimana syarat maju bertarung pada  Pilgub Sulsel 2018.

Dalam proses itu, KPU Sulsel mengungkapkan verifikasi ijazah hanya dimulai dari jenjang SMA. Namun, kebijakan tersebut menemui sorotan dari sejumlah pihak.

Di antaranya, pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Ahmad Yani. Ia mengakui, kebijakan verifikasi ijazah menjadikan kebijakan tersendiri bagi KPU. Sebab, belum ada aturan teknis yang mengharuskan proses verifikasi ijazah sejak jenjang SD.

“Salah satu pertimbangannya adalah mengacu ke syarat menjadi kepala daerah adalah harus berpendidikan minimal SMA/sederajat. Untuk itu, verifikasi ijazah hanya difokuskan pada ijazah sejak SMA atau sederajat dan sarjana atau pasca jika memang ada,” jelasnya.

Meski demikian, Ahmad Yani menuturkan, KPU agar dapat memproses verifikasi ijazah semua bakal calon dari level SD. Terlebih, jika ada laporan dari masyarakat mengenai adanya indikasi pemalsuan ijazah oleh bakal calon.

“Tentu saja, masyarakat yang melapor ini harus menyiapkan bukti mendukung laporannya tidak sekedar asal lapor karena bisa saja merugikan salah satu bakal calon jika ternyata itu tidak benar,” bebernya.

Ia pun berharap, proses verifikasi ijazah berjalan penuh integritas antara KPU bekerjasama dengan Kemenristek Dikti (ijazah perguruan tinggi), Dinas Pendidikan Provinsi (ijazah SMA/sederajat) serta Kabupaten/Kota (ijazah SMP dan SD/sederajat).

“Kita berharap KPU bisa bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan calon pemimpin kita berkompetisi dengan jujur,” harapnya. (Rilis)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro08 September 2024 00:05
Ribuan Warga Biringkanayya Sambut Kehadiran Andi Seto dan Rezki
Makassar, Trotoar.id – Dukungan dari kader Partai Gerindra terhadap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa dan Rezki...
Metro07 September 2024 23:58
Dies Natalis Ke-68 Unhas, Penjabat Gubernur Sulsel: Menuju World Class University
Makassar, Trotoar.id – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-6...
Politik07 September 2024 19:41
Rezki Mulfiati Lutfi Dekat dengan Warga Makassar lewat Politik Riang Gembira
Makassar, Trotoar.id – Rezki Mulfiati Lutfi, calon Wakil Wali Kota Makassar, terus menarik perhatian masyarakat Kota Makassar dengan pendekatan poli...
Metro07 September 2024 19:33
Sekretaris DPRD Makassar Pandu Gladi Bersih Pelantikan 50 Anggota Terpilih
Makassar, Trotoar.id,  – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar gladi bersih pelantikan 50 anggota terpilih periode 2024-2029, Sabtu (7/9/2024), ...