Wow…Ada Dana “Siluman” di APBD Sulsel?

Suriadi
Suriadi

Rabu, 31 Januari 2018 23:57

Wow…Ada Dana “Siluman” di APBD Sulsel?

 

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Sejumlah Media Baik Cetak maupun Online hari ini marak memberitakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang disusupi dana “Titipan” disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Bahkan dana titipan dengan kata sandi “FISKAL’ itu ada di Badam Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappedda) dan Badan Pengelola Keuangan Daetah (BPKD), bahkan Media Cyber SuaraCelebes mengungkapkan sejumlah Kepala SKPD “basah” maupun “tidak basah” diberikan beban terhadap Dana DPA di setiap OPD dana titipan tersebut

“Iya setiap tahun kami diberikan dana fiskal di DPA kami. Lumayan juga banyaknya. Kita sebagai anak buah terima saja,” ujar salah satu pejabat eselon III Sulsel yang enggan namanya dikorankan, Selasa (30/1/2018) di Makassar.

Atas indikasi penyimpangan tersebut, Ketua Komite Pusat Gerakan Revolusi Demokratik Andi Ettus Mattimi menegaskan bahwa praktik titipan dana tersebut dari pejabat tertentu dengan nama “FISKAL”, adalah sebuah pelanggaran besar.

“Ini harus diusut tuntas. Terlalu banyak laporan dari masyarakat atas ulah sejumlah pejabat di Pemprov Sulsel, termasuk dana titipan ini yang diknal dengan nama FISKAL,” tegas Andi Ettus.

Dalam waktu dekat ini, lanjutnya, lembaganya akan segera melaporkan hal ini ke lembaga penegakan hukum. Jika perlu ke KPK.

Karena baginya, tindakan seperti ini adalah sebuah pembodohan publik dengan mengelola anggaran rakyat tapi penuh dengan persekongkolan untuk kepentingan tertentu.

Menurutnya, tahun 2018 ini adalah tahun politik. Jangan sampai dana titipan ini dibuat dan diperuntukkan untuk kepentingan salah satu kandidat gubernur di Sulsel.

Berdasarkan investigasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel menjadi instansi yang mendistribusikan dana titipan atau “FISKAL” tersebut ke masing masing SKPD. Nanti kepala SKPD atau pejabat programnya akan menyetor sendiri dananya ke Bappeda setelah dana titipan itu dikerjakan alias uangnya cair.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik19 Juli 2024 23:47
Resmi Diusung Demokrat di Pilgub Sulsel, ASS-Fatma Masih Butuh Dukungan 10 Kursi
Trotoar.id, Jakarta — Partai Demokrat secara resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan waki...
Politik19 Juli 2024 23:26
Sah Demokrat Usung ASS-Fatma Untuk PIlgub Sulsel
Trotoar.id, Makassar – Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur...
Metro19 Juli 2024 17:17
Peningkatan Kualitas SDM: Kunci Kesuksesan Organisasi dan Pelayanan Kesehatan Optimal
Trotoar.id, Makassar, – Kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah elemen kunci dalam kesuksesan sebuah organisasi. Tanpa SDM yang berkualitas, seber...
Metro19 Juli 2024 16:51
ISBI Sulsel Segera Diresmikan Akhir Tahun Ini
Trotoar.id, Solo – Dies Natalis ke-60 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang jatuh pada 15 Juli 2024, dirayakan dengan Rapat Senat Terbuka...