IPMAH Kanreapia Harap Pilkades Lepas Dari Intervensi Parpol

Fadli
Fadli

Jumat, 28 September 2018 22:31

IPMAH Kanreapia Harap Pilkades Lepas Dari Intervensi Parpol
TROTOAR.ID, GOWA – Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di  Kabupaten Gowa dijadwalkan pada Oktober mendatang. Diketahui, sebanyak 69 dari 121 desa yang akan melangsungkan pemilihan, saat ini telah melakukan penjaringan pasangan calon yang akan berkompetisi.

Salah satu syarat utama untuk menjadi calon Kepala Desa yang mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan adalah ketidak terlibatan calon kepala deaa dalam partai politik atau dengan kata lain terlepas dari intervensi parpol.

Salah satunya disampaikan oleh Ketua IPMAH Kanreapia, Nawir kepada redaksi Trotoar.id (28/9). Menurutku Nawir, seluruh bakal calon Kepala Desa harus  terhindar dari pengaruh Partai Politik yang saat ini juga sedang berkompetisi untuk meraih suara pada PEMILU 17 April 2019 mendatang.

“Bukan saja tidak terlibat secara administratif struktural dalam suatu partai politik tapi juga menjauhkan seluruh atribut berbau partai politik semisal kendaraan operasional dan lain sebagainya selama tahapan pilkades” ungkapnya.

Lebih lanjut Nawir menambahkan bahwa elite politik dan tokoh masyarakat harus menjadi panutan dalam menjaga marwah demokrasi.

“Kita harus menjaga kejernihan demokrasi, apalagi di Desa. Jangan karena kecenderungan tingkat pendidikan rendah malah dimanfaatkan dan diberi tontonan yang sebenarnya merusak tatanan demokrasi” tambah Nawir.

Selain itu, Nawir menyebut pihak P4KD, Dinas PMD Kabupaten Gowa dan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa dapat bersinergi mengawal perhelatan Pilkades serentak mendatang.

“Kalau memang ada pelanggaran, sebaiknya ditegur atau bahkan diberi sanksi diskualifikasi. kita ingin membangun budaya demokrasi yang berintegritas ” tutupnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:40
Kolaborasi Terjalin Kuat antara Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana
Dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dan respons terhadap bencana, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memberikan penghargaa...
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...