Gelar Musrembang Ini Pesan Wali Kota Makassar

Suriadi
Suriadi

Rabu, 27 Maret 2019 12:43

Gelar Musrembang Ini Pesan Wali Kota Makassar

TROTOAR.ID, MAKASSAR —Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Makassar tahun 2020 di Hotel Claro, Senin, (25/3/2019).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Hadijah Iriani, menyampaikan meskipun tahun 2020 tidak memiliki RPJMD, namun Pemkot Makassar tetap harus eksis di pemerintahan.

“Kita menginginkan RKPD 2020 di mana kita tidak memiliki RPJMD, kita tetap harus eksis. Jangan biarkan Makassar mundur lagi,” kata dia.

Terkait indikator peningkatan, Iriani kembali mengingatkan agar seluruh stakeholder terkait harus tetap bergerak dan bekerja tanpa terkecuali.

“Jadi, yang pertama kelihatan kan adalah indikator ekonomi. Ekonomi makronya seperti apa, pertumbuhan ekonomi kita seperti apa, apa yang kurang itu yang kita genjot,” ujarnya.

Iriani melanjutkan, ada 10 sasaran Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang menjadi pedoman di mana seluruh SKPD wajib melaksanakan sasaran tersebut melalui Rencana Kerja (Renja).

“Ini akan menjadi Renja SKPD selama setahun karena kita tidak memiliki RPJMD. Seandainya kita punya, jelas indikatornya. Jadi, kita berusaha untuk terus ada peningkatan. Jangan kita justru stagnan. Harapan provinsi pun demikian. Karena Makassar adalah barometer provinsi Sulsel. Jadi, provinsi sangat bertanggung jawab juga terhadap Makassar,” tandasnya.

Sebagai informasi, RKPD sendiri merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan daerah, provinsi dan pusat. Penyusunan RKPD berpedoman kepada dokumen RPJMD sebagai penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah terpilih.

Namun, mengacu kepada hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Makassar tahun 2018 lalu, di mana pada pilkada tersebut tidak menghasilkan pemenang sehingga RPJMD Kota Makassar berada pada masa transisi. Sebab, RPJMD Kota Makassar tahun 2014 – 2019 sudah habis masa berlakunya sedangkan RPJMD Kota Makassar 2020 – 2025 belum tersusun.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...