Massa HMI Seruduk Kantor KPU RI

0
67

TROTOAR.ID, JAKARTA — Aksi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang ingin merangsek ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhalang oleh blokade petugas Gabungan hingga akhirnya massa HMI menggelar aksi bakar ban didepan kantor KPU RI.

Atas aksi tersebut, mengakibatkan kemacetan yang panjang disekitar kantor KPU RI  Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Fraksi di DPRD Sulsel Beda Pandang Sikapi Putusan Hak Angket

Para aktivis HMI dalam orasinya mendesak pemetintah untuk membentuk tim pencari fakta atas meninggalnya 500 orang petugas KPPS dan Polri àtas tragedi pemilu tahun ini.

“Kami mendesak pemerintah membentuk tim pencari fakta atas meninggalnya 500 petugas KPPS dan polri atas tragedi Pemilu 2019,” ujar orator di atas mobil komando dikutip Suara.com

Baca Juga  Hakim Vonis Hukuman Kebiri Kimia, Jaksa Pusing Cari Eksekutor, IDI Menolak

Mereka juga mengaku jika aspirasi yang disampaikan tersebut merupakan aspirasi rakyat untuk mengusut tuntas penyebab kematian dari 500 lebih petugas KPPS dan pengamanan

Dalam aksi tersebut para mahasiswa juga membawa keranda bertuliskan ‘Tragedi Pemilu 2019’ dan melakukan tabur bunga di depan Kantor KPU RI sebagai bentuk duka cita atas meninggalnya ratusan petugas KPPS.

Baca Juga  Soal Revisi UU KPK ini Kata Jokowi

Sebagaimana diketahui berdasar data dari Kementerian Kesehatan per tanggal 15 Mei 2019, sebanyak 527 petugas KPPS dinyatakan meninggal dunia pada Pemilu 2019. Sedangkan, 11.239 orang sakit.