Jelang Idul Adha 1440 H, Wagub Sulsel Intruksikan Ini Ke Dinas Peternakan

0
76

TROTOAR.ID,MAKASSAR – Jelang Pelaksanaan Hari raya idul adha 1440 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada Dinas terkait untuk mengoordinasi pengawasan hewan qurban agar aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Menurutnya, hewan qurban yang ingin diperjual belikan tersebut harus dilakukan pemeriksaan mulai dari antemortem sebelum hewan dipotong posmorten setelah itu hewan dipotong.

Baca Juga  Berkasnya Dihilangkan BPN Selayar, Zulkarnaen: Kami Merasa Dipermainkan

“Hal ini dilakukan agar hewan qurban yang masuk aman dikonsumsi oleh masyarakat dan juga dilakukan pengawasan dari Dinas terkait,”ungkapnya, Jumat (9/8) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Abdul Azis mengatakan, Sesuai surat edaran Gubernur, telah kami kirim ke kabupaten/kota se-Sulsel untuk dilakukan pemeriksaan calon hewan qurban dan semua sudah berjalan sesuai SOP.

Baca Juga  Iqbal Buka TOT Pembina Pramuka Makassar

Bahkan menurutnya, mitra kerja dinas peternakan seperti Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Ikatan sarjana peternakan Indonesia (ISPI), mahasiswa Unhas melakukan pemeriksaan hewan qurban seperti data yang dikirim.

“Besok pagi juga pak wagub. DPR Sulsel Komisi B Kunjungi hewan qurban di beberapa tempat dimakassar dan gowa, “ujarnya.

Andi Sudirman Sulaiman juga mengucapkan, Selamat hari raya idul adha 1440 Hijriyah, Allah berfirman dalam surat Al-Kautsar ayat 1-3 Inna A’Thaena Kal Kautsar, Fasallili Rabbika Wan Har, Inna Syaniaka Hual Abtar.

Baca Juga  Andi Sudirman Pimpin Prosesi Minum Kopi Serentak Gunakan Kararo

“Artinya ‘Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah, Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus,” tandasnya.