Gubernur Nurdin Abdullah Sambut di Asrama Haji

Suriadi
Suriadi

Minggu, 18 Agustus 2019 20:50

Gubernur Nurdin Abdullah Sambut di Asrama Haji

TROTOAR. ID, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyambut Jamaah Haji Kloter 1 Makassar di Asrama Haji, Makassar, Minggu (18/8) sore.

Sebanyak 450 orang jamaah haji Makassar ditambah lima petugas haji dan kesehatan tiba di Makassar pada sekira pukul 17.24 WITA.

Nurdin Abdullah mengatakan, dengan bangga atas nama Pemprov dan masyarakat Sulsel, mengucapkan selamat datang kembali dari perjuangan yang tidak mudah.

“Alhamdulillah kloter pertama tiba dengan selamat, dengan seluruh rombongan utuh. Selamat menyandang gelar haji dan hajjah, semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Nurdin Abdullah menyampaikan, di Tanah Suci mereka melaksanakan berbagai tahapan haji. Saat berangkat tidak saling mengenal dan kembali saling mengenal. Jalinan silaturahmi tetap harus dijaga dengan baik.

“Ini kita saling bahu membahu dan saling bantu. Jalinan silaturahmi ini mari kita bangun dengan baik,” pesan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel ini.

“Selain datang sebagai gubernur, saya juga datang sebagai ketuanya bapak-ibu, saya harap kita semakin kompak,” ujarnya.

Gubernur juga meminta agar para jemaah sesegera mungkin untuk berkumpul bersama keluarga mereka masing-masing.

Sementara, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Anwar Abu Bakar, mengatakan, Embarkasi Makassar memberangkatkan jamaah sebanyak 18.109 orang ke Tanah Suci, yang terbagi dalam 40 kloter. Adapun jumlah jamaah yang wafat sebanyak 17 orang. Untuk kloter pertama Makassar berangkat 455 orang, dan kembali juga dengan jumlah yang sama.

Dua jamaah yang harus menunggu selama sembilan tahun akhirnya bisa berhaji, mengaku bersyukur.

“Alhamdulillah luar biasa sekali, kami bersyukur. Banyak suka dukanya. Bahagia sekali bisa wukuf di Arafah,” tutur Kasma, jamaah haji dari Makassar.

Sementara itu, Irawati yang juga berasal dari Makassar menyebut, pelayanan yang diberikan sangat baik.

“Alhamdulillah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Akhirnya bisa berkumpul dengan keluarga setelah 40 hari beribadah. Pelayanan selama di sana juga luar biasa,” ungkap Irawati, seorang pengajar dari TK Darmawanita Unhas.

Suasana haru dan bahagia dirasakan oleh jamaah, demikian juga dengan para ribuan penjemput.

“Lega dan senang sekali, mereka sampai dengan selamat. Akhirnya dua keluarga kami sampai. Kami sudah menunggu dari jam satu siang, datang dengan mobil,” kata Suriani, salah satu penjemput.

Jamaah yang kembali juga masih dalam pemantauan kesehatan selama 14 hari.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro16 April 2024 22:54
Projo Sulsel Bergabung dalam Penanaman Pohon Bareng Pemprov Sulsel di Hari Bumi
Organisasi kemasyarakatan pendukung Presiden Joko Widodo, Projo Sulsel, akan turut serta dalam kegiatan penanaman pohon bersama Pemerintah Provinsi Su...
Politik16 April 2024 22:28
Matador’s Perjuangan Resmi Dukung Syahar Maju Pilkada Sidrap
Matador's Perjuangan, salah satu organisasi besar di Indonesia Timur, menggelar rapat kerja di Kantor Sekertaris Dewan Pimpinan Cabang DPC ...
Parlemen16 April 2024 22:23
Pimpin Rapat, Syahar Minta Dinas Pertanian, Syahar Minta Penyaluran Bibit Dipercepat
Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif, memimpin rapat monitoring dan evaluasi bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebuna...
Metro16 April 2024 19:47
Makassar Government Center (MGC) Siap Diresmikan pada Juli Mendatang
Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto melakukan peninjauan pembangunan Makassar Government Center (MGC)...