google-site-verification: google2bac01165fc720cc.html
class="post-template-default single single-post postid-37754 single-format-standard wp-custom-logo">

Home / Daerah

Kamis, 23 Januari 2020 - 15:04 WIB

Simulasi Tahap Kedua Penggunaan Ambulans Apung Digelar di Pangkep

TROTOAR.ID, PANGKEP – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep bekerja sama dengan United States Agency for Internasional Development (USAID) menjalin dan menggelar simulasi lenggunaan ambulans apung tahap kedua di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis, 23 Januari 2020 pagi.

Ambulans apung sendiri merupakan salah satu upaya dalam rangka penguatan Program Prioritas Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan.

Di sela kegiatan yang mengusung tema “Kolaborasi Lintas Sektor Untuk Peningkatan Akses Layanan Kesehatan Bagi Kelompok Masyarakat Kepulauan di Sulawesi Selatan Melalui Ambulans Apung” tersebut, Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan penghormatan sekaligus penghargaan bagi daerah yang mendapatkan bantuan ambulans apung.

Baca Juga  Beberapa Pemuda ini Akan Kibarkan Bendera Raksasa di Ma'Dinra Maros

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini semakin menambah motivasi kita dan sekaligus akses lintas yang selama ini menjadi kendala kita dapat dipenuhi, sehingga layanan kesehatan semakin meningkat,” kata Syahban Sammana.

Senada dengan yang dikatakan Syahban Sammana, Asisten I Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Aslam Patonangi menerangkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sangat memahami kompleksitas yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Pangkep dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat di kepulauan, khususnya terkait pelayanan dasar kesehatan.

“Pemberian bantuan ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh bapak Wakil Bupati tadi adalah untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat kita yang ada di kepulauan dan juga upaya bersama untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi starting point bagi semua stakeholder untuk ikut ambil bagian dan ambulans ini bisa digunakan juga untuk hal-hal yang lebih preventif,” terang Andi Aslam.

Baca Juga  Nurdin Abdullah Cek Thermal Scanner Bandara Sultan Hasanuddin

Sementara Mission Director USAID, Ryan Washburn merasa senang dapat menyaksikan simulasi tahap kedua dari ambulans apung tersebut.

“USAID sangat berbangga dapat mendukung implementasi dari program prioritas ini. Saya sangat optimis keberhasilan ini bisa direplikasikan di kabupaten kepulauan lainnya di Sulawesi Selatan,” sebut Ryan Washburn.

Dalam waktu dekat Gubernur Sulawesi Selatan juga berencana akan menyerahkan 5 (lima) unit ambulans apung kepada 5 (lima) Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota di Sulawesi Selatan, antara lain Kabupaten Pangkep, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Kota Makassar.(*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Bantaeng Pantau Titik Rawan Banjir di Bantaeng

Daerah

Dituding Tidak netral, Ini Tanggapan Penjabat Bupati Bone

Daerah

Bupati dan Ketua DPRD Solid Menangkan NH-Aziz di Pangkep

Daerah

Kuasa Hukum Terdakwa Sebut Ketua DPRD Enrekang Terima Dana Rp200 Juta

Daerah

Keren, Pemasangan Baling Baling PLTB Sidrap Dimulai

Daerah

Korcam SEHATI Akui Masyarakat Terpikat Program TAKBIR

Daerah

Bekali Relawan,  PSC Luwu Timur gelar Sosialisasi

Daerah

Lagi asik Bermesraan Sambil Ngelem, Eh Tertangkap Satpol PP Deh