Wagub Tinjau Bendungan Pamukkulu

Fadli
Fadli

Selasa, 28 Januari 2020 20:57

Wagub Tinjau Bendungan Pamukkulu

TROTOAR.ID, TAKALAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau langsung Bendungan Pamukkulu yang terletak di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Selasa, (28/1).

Usai peninjauan, Andi Sudirman menyampaikan jika saat ini progresnya baru 3,8 persen, dan akan rampung hingga 40 persen di akhir tahun nanti.

“Tinggal menunggu dari Kementerian Kehutanan untuk masalah 16 hektare lahan, dan mudah-mudahan terselesaikan semua,” harapnya.

Ia mengungkapkan, surat untuk mendorong percepatan pembangunan sudah dilayangkan ke Kementrian, dan sudah dilakukan penandatanganan MoU sebagai bentuk komitmen bersama.

“Keyakinan kita adalah bendungan Pamukkulu ini bisa bermanfaat dan cepat selesai,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Kerja (Satker) Balai Bendungan BBWSPJ, Alexander Nandar, mengatakan, Bendungan Pamukkulu ini cukup lama berhenti dari kontrak tahun 2018, dan baru efektif kembali di tahun 2020. Semua ini atas dorongan dari pemerintah provinsi, pemerintah daerah, serta aparat hukum.

“Kami koordinasi dan ada percepatan untuk masalah pengadaan tanah,” ujar Alexander.

Awalnya, kata Alexander, mereka sempat frustasi,karena sempat ada wacana jika Bendungan Pamukkulu ini,l akan dikaji ulang. Akan tetapi, dukungan besar dari pemerintah provinsi.

“Bendungan Pamukkulu ini harus diketahui oleh warga jika dibangun memang di Kabupaten Takalar, dan yang merasakan manfaatnya nanti adalah Kabupaten Takalar sendiri. Berbeda dengan bendungan yang sudah dibangun hampir sebagian besar itu, bendungannya dibangun di kabupaten lain, sementara penerima manfaatnya adalah kabupaten lain,” tuturnya.

Sebagai perwakilan Kementerian PUPR dalam hal ini Balai BBWSPJ, Alexander memohon dukungan dari pemerintah daerah, agar bendungan ini bisa cepat ddiselesaikan.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, PPK Tanah Ikhsan Hatta, Pelaksana Teknik Pamukkulu Kurniati, Camat Polut Ruslin, Kapolsek Polut AKP Andi Hermansyah, Dandim 1426/Takalar Let. Inf. Ilham Yunus, Danramil 1426-01/Polut Kapten Inf Wahyudi. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...