Pemprov Sulsel Akan Penuhi Kebutuhan Air Bersih Pangkep

Fadli
Fadli

Rabu, 26 Februari 2020 13:39

Pemprov Sulsel Akan Penuhi Kebutuhan Air Bersih Pangkep

TROTOAR.ID PANGKEP, — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof H M Nurdin Abdullah, mengaku, akan segera membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk memenuhi semua kebutuhan air bersih masyarakat Pangkep.

“Kita akan menghadirkan IPA untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kita sudah punya alat, Insyaallah dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan jadi,” ujar Nurdin Abdullah dalam sambutannya, di acara HUT Pangkep Ke-60 tahun, di Kantor DPRD Pangkep, Rabu 26 Februari 2020.

Ia menjelaskan, Kabupaten Pangkep ini memiliki lebih seratus pulau, bahkan ada yang berdekatan dengan Pulau Lombok NTB. Untuk itu, Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinannya sudah membangun teknologi air bersih, dimana bahan bakunya dari air laut.

“Kita sudah bangun teknologi air bersih di Pulau Barang Caddi, dan nanti kita akan bangun lagi sepuluh titik di daerah lain termasuk Pangkep,” jelasnya.

Ia mengaku, Pangkep adalah satu-satunya daerah yang tidak pernah meminta selama dirinya menjadi orang nomor satu di Sulsel. olehnya itu, Gubernur Sulsel meminta kepada Pemda Pangkep segera menyusun rencana pembangunan, agar diketahui berapa kebutuhan anggarannya.

“Selama saya menjadi Gubernur, hanya Bupati Pangkep yang tidak pernah meminta. Oleh karena itu, tentu kita sebagai putra daerah malu kalau kita tidak ikut berkontribusi,” pungkasnya.

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid Batara mengaku, pembangunan berkelanjutan harus diteruskan dirinya sampai akhir kepemimpinan pada tahun 2021 mendatang. Namun, Pangkep membutuhkan support dari Pemprov Sulsel untuk mensukseskan pembangunan infrastruktur dan SDM.

“Saya kira pembangunan berkelanjutan dibutuhkan semua daerah. Tinggal bagaimana provinsi memberikan dukungan keuangan. Bagaimanapun kita desain, tapi kalau tidak ada uang, akan sangat sulit,” jelasnya.

Diketahui, bantuan keuangan daerah bawahan untuk kabupaten Pangkep sebesar Rp 10,1 miliar dan dua buah kapal yang merupakan bantuan pemerintah pusat. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...