Bawah Simbol Keranda Mayat, Aliansi Mahasiswa Sulawesi Gugat Kapolda Papua

Fadli
Fadli

Senin, 02 Maret 2020 18:46

Bawah Simbol Keranda Mayat, Aliansi Mahasiswa Sulawesi Gugat Kapolda Papua

Trotoar.id,Makassar – Aliansi Solidaritas Mahasiswa Sulawesi Mengugat menggelar aksi Unjuk Rasa di depan Kantor Polda Sulselbar, Senin (2/3/2020).

Aksi tersebut digelar berkaitan dengan insiden penganiayaan di Papua yang mengakibatkan Yus Yunus (26) meninggal dunia usai dikeroyok oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan membawah simbol keranda mayat yang bertuliskan “negara mati di papua” serta membawa beberapa spanduk tuntutan bertuliskan pencopotan Kapolri dan Kapolres Nabire dan Kapolda Papua.

Andi Ari Aprianto Nur selaku Jenderal Lapangan menyayangkan sikap beberapa oknum anggota kepolisian yang berada dilokasi diduga dengan sengajah tidak bertindak sebagaimana diatur dalam UU Kepolisian RI Nomor 2 Tahun 2002.

Dimana dalam pasal tersebut mengatakan bahwa Aparatur Kepolisian berfungsi untuk melindungi, mengayomi serta menjamin keselamatan warga negara.

Sehingga sangat disayangkan, bahwa peristiwa penganiayaan serta pengeroyokan yang mengakibatkan korban jiwa merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Yang dimana seharusnya aparat kepolisian hadir untuk menjamin keselamatan dan kebebasan seseorang. Maka dari itu Aliansi Solidaritas Mahasiswa Sulawesi menyatakan sikap Penegakan Supremasi Hukum.

“Kami Mendesak Kapolda Papua untuk segera menangkap dan mengadili semua pelaku penganiayaan yang menewaskan Yus Yunus,”tegas Jenderal Lapangan dalam rilisnya.

Disamping itu, Aliansi Mahasiswa Sulawesi meminta kepada Kapolda Sulselbar untuk ikut serta mengecam keras Kapolda Papua untuk segera memberi perlindungan serta menjamin keselamatan masyarakat pendatang di tanah Papua.

“Kami minta Kapolda Papua untuk segera menindak lanjuti oknum anggota kepolisian yang lalai dalam tugas,”cetusnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...