HRS Jadi Perbincangan Menarik di Webinar Kampus UIN Alauddin, Dikaitkan dengan Pilpres

Awal Nur
Awal Nur

Senin, 14 Desember 2020 16:08

HRS Jadi Perbincangan Menarik di Webinar Kampus UIN Alauddin, Dikaitkan dengan Pilpres

TROTOAR.ID, Makassar – Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar menggelar Webinar Nasional bertajuk, “Habib Dalam Pusaran Politik Indonesia” berlangsung melalui Aplikasi Via Zoom, Kamis (04/12/2020).

Kegiatan itu menghadirkan Politisi PDIP Prof Dr Hamka Haq, Dekan Fisip Universitas Wahid Hasyim, Kepala Litbang Agama Kota Makassar Dr Saprillah Syahrir M Si.

Menurut Ketua Jurusan Ilmu Politik Syahrir Karim Ph D mengatakan fenomena habib dalam konteks politik nasional akhir-akhir ini menjadi sorotan media. Habib Rizieq dan peran habib secara umum pergerakannya dalam politik nasional.

“Fenomena habib menarik dari aspek politik dan agama untuk dikaji,” katanya.

Menurutnya, secara politik, habib mulai muncul kembali ketika kontestasi pilpres yang kemudian berlanjut dalam aksi-aksi politik dan gerakan sosial yang dimotori oleh Habib Rizieq Shihab (HRS), Bahar bin Smith serta beberapa habib lainnya. 

“Habib ini kemudian telah jauh masuk dalam gerakan politik. Meski tidak semua habib ikut gerakan HRS, tapi ini jelas memperlihatkan sebuah fenomena politik dan keagamaan yang menarik untuk didiskusikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan fenomena habib ini kemudian menarik karena ada situasi yang kontras.

 “Di satu sisi habaib identik sebagai tokoh kharismatik, religius dan pengayom umat. Di sisi yang lain, habib ini memperlihatkan kesan yang politis, melawan pemerintah, dianggap mengancam pemerintah, provokatif, dan jauh dari kata etika baik dalam berucap maupun perilaku,” tutupnya. (Al/Hm)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro16 April 2024 22:54
Projo Sulsel Bergabung dalam Penanaman Pohon Bareng Pemprov Sulsel di Hari Bumi
Organisasi kemasyarakatan pendukung Presiden Joko Widodo, Projo Sulsel, akan turut serta dalam kegiatan penanaman pohon bersama Pemerintah Provinsi Su...
Politik16 April 2024 22:28
Matador’s Perjuangan Resmi Dukung Syahar Maju Pilkada Sidrap
Matador's Perjuangan, salah satu organisasi besar di Indonesia Timur, menggelar rapat kerja di Kantor Sekertaris Dewan Pimpinan Cabang DPC ...
Parlemen16 April 2024 22:23
Pimpin Rapat, Syahar Minta Dinas Pertanian, Syahar Minta Penyaluran Bibit Dipercepat
Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif, memimpin rapat monitoring dan evaluasi bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebuna...
Metro16 April 2024 19:47
Makassar Government Center (MGC) Siap Diresmikan pada Juli Mendatang
Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto melakukan peninjauan pembangunan Makassar Government Center (MGC)...