KPU Tetapkan Paslon Bupati Adnan-Kio Sebagai Pemenang Pilkada Kabupaten Gowa

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Jumat, 22 Januari 2021 17:42

Paslon Bupati Kabupaten Gowa, Adnan-Kio, ditetapkan sebagai pemenang Pilkada di Gowa. FOTO: Ltf/Trotoar
Paslon Bupati Kabupaten Gowa, Adnan-Kio, ditetapkan sebagai pemenang Pilkada di Gowa. FOTO: Ltf/Trotoar

TROTOAR.ID – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan Pasangan Adnan Purichta Ichsan–Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio sebagai pemenang Pilkada, yang berlangsung di Hotel Gammara, Makassar, Jumat (22/1/2021).

Paslon Adnan-Kio ditetapkan sebagai pemenang dengan perolehan suara 91,22 persen dari total suara yang sah.

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muchtar Muis mengatakan, penetapan dilakukan setelah menerima pemberitahuan dari Mahkama Konstitusi bahwa tidak ada gugatan sengketa Pilkada Gowa 2020.

“Sesuai aturan, tidak ada gugatan maka penetapan dilakukan paling lama lima hari setelah pemberitahuan dari MK. Surat MK diterima dua hari lalu,” kata Muchtar.

Dalam sambutannya, Adnan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas suasana kondusif selama tahapan pilkada.

Menurutnya, ini adalah sejarah yang telah diukir bersama, bukan hanya. Termasuk KPU sebagai penyelenggara pun mengukir sejarah yang sangat baik.

“Kalau kami raih suara 91,2 persen, kita juga masuk salah satu kabupaten dengan partisipasi tertinggi di Sulsel dan di Indonesia, yakni 78,2 persen melebihi target nasional 77 persen,” katanya.

“Ini jadi kebanggaan kita semua karena di tengah pandemi dimana orang takut berinteraksi, saat pemilihan semua berbondong-bondong datang memilih. Kalau selama ini partisipasi pemilih calon tunggal tidak pernah di atas 60 persen. Kini kita melewati dan itu berkat kerja keras KPU,” bebernya. (*)

Penulis : Ltf/Ad

 Komentar

Berita Terbaru
Dilengserkan oleh Kepala Staf Presiden, AHY ke Jokowi Cari Bantuan
Nasional06 Maret 2021 01:39
Dilengserkan oleh Kepala Staf Presiden, AHY ke Jokowi Cari Bantuan
TROTOAR.id—Setelah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat dalam seb...
Jokowi kepada HIPMI
Nasional06 Maret 2021 01:16
Jokowi kepada HIPMI
TROTOAR.id—Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pandemi yang melanda saat ini memberikan dampak dan tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia...
Danny-Fatma Luncurkan #MakassarRecover
Metro06 Maret 2021 00:03
Danny-Fatma Luncurkan #MakassarRecover
TROTOAR.id—Tujuh hari setelah pelantikan Wali Kota Makassar, Muh. Ramdhan “Danny” Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, secara ...
Tersisa 44 Orang Pasien Covid-19 di Lutra
Daerah05 Maret 2021 23:12
Tersisa 44 Orang Pasien Covid-19 di Lutra
TROTOAR.ID, LUWU UTARA --- Setahun sudah pandemi COVID-19 menggerogoti sendi-sendi kehidupan di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. ...