Dua Sentra Industri di Sinjai Akan Dibangun di Bawah Kepemimpinan ASA, Rp32 M Anggaran Dialokasikan

Suriadi
Suriadi

Senin, 15 Maret 2021 03:22

Dua Sentra Industri di Sinjai Akan Dibangun di Bawah Kepemimpinan ASA, Rp32 M Anggaran Dialokasikan

TROTOAR.id, Sinjai – Pada tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai akan membangun Sentra Industri Peternakan dan Sentra Industri Logam yang bertempat di kecamatan berbeda.

Sentra Industri Peternakan akan dibangun di Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan sedangkan Sentra Industri Logam berlokasi di Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo.

Pelaksana Tugas Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Muh Saleh mengungkapkan, bahwa total anggaran yang disiapkan untuk membangun dua sentra ini sebesar Rp32 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Insya Allah tahun ini kita bangun Sentra Industri Peternakan dengan pagu anggaran Rp25 miliar lebih dan Sentra Industri Logam dengan anggaran Rp6 miliar lebih,” katanya saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (15/03/21).

Dalam Sentra Industri Peternakan kata Mantan Kabag Pembangunaan Setdakab Sinjai ini, akan disiapkan tempat untuk 20 kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan di Sentra Industri Logam disiapkan untuk 10 IKM.

“Jadi tempatnya kita bangun, termasuk sarana dan prasarananya serta rumah produksi akan disiapkan oleh Pemkab Sinjai, mereka tinggal masuk dan siap berproduksi. Jika tidak ada halangan tahun depan sudah difungsikan, ” jelasnya.

Saleh menambahkan, bahwa saat ini kedua proyek dalam tahap desain dan direncanakan bulan April atau bulan Mei sudah dilakukan tender.

“Bulan April atau awal bulan Mei sudah memasuki tahap tender dan saya kira tidak ada kendala yang kita hadapi karena lahan yang menjadi lokasi bangunan ini merupakan lahan milik Pemkab Sinjai,” ucapnya.

Secara terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, bahwa Sentra Industri ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya makanan hasil olahan daging dan peralatan dari hasil logam.

“Di Sentra Industri hasil peternakan nantinya berbagai hasil olahan daging siap disajikan atau dipasarkan seperti daging beku, abon dan bakso dari daging sapi maupun daging ayam. Demikian halnya di Sentra Industri Hasil Logam, para pelaku IKM bisa memproduksi parang, pisau, cangkul dan sejenisnya,” tandasnya. (Rls)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional18 Mei 2021 18:39
Melalui Kuasa Hukumnya, AS Tak Akan Ajukan Eksepsi
Trotoar.id, Makassar -- Melalui kuasa hukumnya Anggung Sucipto tidak akan mengajukan Eksepsi pada sidang tindak Pidana Korupsi di pengadilan Negeri Ti...
Daerah18 Mei 2021 18:25
Mendekati Standar WHO, Satgas Luwu Utara Genjot Testing COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, optimistis pengendalian COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, ...
Metro18 Mei 2021 18:18
Pemerintah Kota Makassar Terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Dengan WDP Dari BPK RI Provinsi Sulsel
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah Kota Makassar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Makassar...
Metro18 Mei 2021 16:16
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan
Trotoar.id, Makassar -- Sebanyak Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) M...