Wabup Sinjai Himbau Warga Siaga Bencana

Fadli
Fadli

Selasa, 13 April 2021 23:24

Wabup Sinjai Himbau Warga Siaga Bencana

TROTOAR.ID, SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai mengajak seluruh komponen masyarakat agar selalu siap siaga dan waspada terhadap terjadinya bencana dan potensi ancaman yang kerap terjadi.

Hal tersebut ditegaskan, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Karini Ottong saat menghadiri kegiatan simulasi kesiapsiagaan menghadapi ancaman banjir yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai yang berlansung di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur, Senin (11/4/21).

“Saya berharap BPBD harus siap siaga dan ini telah dibuktikan pada hari ini melalui simulasi penanganan ancaman banjir, tentu ini perhatian luar biasa dari Pemkab untuk bagaimana menyiapkan diri siap dalam menghadapi bencana khususnya di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sinjai agar tetap waspada mengingat Sinjai sering terjadi bencana sehingga melalui simulasi ini masyarakat sudah menyiapkan diri agar dapat meminimalisir terjadinya dampak dari bencana.

Kepala BPBD Sinjai Drs. Budiaman melalui Kepala Seksi Kesiapsiagaan Syamsul Ahmad menyampaikan bahwa simulasi ini tidak hanya melibatkan tim dari BPBD namun juga melibatkan beberapa stakeholder terkait
diantaranya personel TNI, Polri, Dinas Sosial, Orari, Dinas Kesehatan, Satpol PP, PMI, Dinas Kominfo dan beberapa instansi lainnya.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan baru pertama kalinya dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan berbagai unsur. Terima kasih semua sudah terlibat aktif dalam kegiatan ini, ” tandasnya.

Kedepan pihaknya berharap dibentuk tim brigade siaga bencana yang terpadu sehingga kesiapsiagaan jika terjadi bencana maupun pencegahan di Sinjai jauh lebih baik lagi.

Dalam simulasi ini dilaksanakan dengan beberapa metode mulai dari menyelamatkan korban dengan akses melakukan rappelling dari jembatan kemudian menyelamatkan korban, penyelamatan korban yang tertimpa pohon, penyelamatan korban hanyut di sungai dengan menggunakan perahu karet serta metode penyelamatan lainnya. (Humas Kominfo)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
News09 Mei 2021 23:26
Danny Sebut Pembangunan Masjid Al Ansar Terinspirasi Masjid Taj Mahal
TROTOAR.id—Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid Al Anshar dan pesantren perguruan Islam...
Advetorial09 Mei 2021 22:21
Shalat Id Dilakukan di Masjid Tidak Boleh Lapangan, Kepala Kemenag Sinjai: Akan Dikeluarkan Surat Edaran
TROTOAR.id—Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sinjai, Lukman Mannan menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah d...
Daerah09 Mei 2021 22:18
Wakil Bupati Suaib Mansur Beri Motivasi Umat Hindu di Kecamatan Sukamaju
Trotoar.Id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, menghadiri kegiatan Rapat Adat Umat Hindu, Minggu (9/5/2021), di Desa Lampuawa dan M...
Ekonomi09 Mei 2021 22:14
Caketum Kadin Ngopi Bersama Pengusaha Sulsel di Megazone
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Anindya Bakrie menggelar buka puasa adam Ngopi bersama dengan pengurus Kadi...