Ini Kelompok Masyarakat yang Bebas dari Penjagaan saat Mudik ke Sinjai

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Selasa, 04 Mei 2021 21:33

Mudik.
Mudik.

TROTOAR.id, Sinjai – Satgas Penanganan Covid-19 bersama jajaran pemerintah terkait diantaranya Kementerian Perhubungan dan Polri, pada Kamis (8/4/2021) petang di Graha BNPB, mengumumkan dirilisnya Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19  No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 – 17 Mei 2021. 

Melalui surat edaran ini, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini demi melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara. 

Hal ini ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Namun ada kalompok masyarakat yang bisa bebas dari ketatnya penjagaan di tiap perbatasan.

Seperti yang diutarakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai Emy Kartahara Malik, terdapat beberapa kategoriasyarakat berpeluang besar dapat melakukan perjalanan lintas kabupaten meskipun telah diberlakukan pelarangan mudik.

“Pekerja formal yang melakukan perjalanan dalam rangka tugas harus memiliki surat tugas, selanjutnya bagi pelaku bisnis harus memperoleh keterangan dari lurah atau desa, juga diperuntukkan bagi orang sakit khusus emergency didampingi oleh dua orang, serta bagi masyarakat yang akan melahirkan,” katanya  dalam rapat mitra kerja bersama Anggota Komisi I DPRD Sinjai, di Kantor DPRD Sinjai. Selasa, (04/05/2021).

Dia melanjutkan, sesuai dengan surat edaran Kepala Satgas dan Kemendagri pertanggal 6 sampai 17 Mei 2021 dilakukan penyekatan dijalur perbatasan, sebagai bentuk pelarangan mudik.

“Di posko perbatasan, yang lebih berperan melakukan screening dokumen adalah Polsek dan Danramil, sedangkan petugas kesehatan melakukan kegiatan di bidang kesehatan seperti, memeriksa suhu tubuh dan yang lainnya,” ujarnya. (Ltf/Tr)

 Komentar

Berita Terbaru
News09 Mei 2021 23:26
Danny Sebut Pembangunan Masjid Al Ansar Terinspirasi Masjid Taj Mahal
TROTOAR.id—Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid Al Anshar dan pesantren perguruan Islam...
Advetorial09 Mei 2021 22:21
Shalat Id Dilakukan di Masjid Tidak Boleh Lapangan, Kepala Kemenag Sinjai: Akan Dikeluarkan Surat Edaran
TROTOAR.id—Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sinjai, Lukman Mannan menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah d...
Daerah09 Mei 2021 22:18
Wakil Bupati Suaib Mansur Beri Motivasi Umat Hindu di Kecamatan Sukamaju
Trotoar.Id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, menghadiri kegiatan Rapat Adat Umat Hindu, Minggu (9/5/2021), di Desa Lampuawa dan M...
Ekonomi09 Mei 2021 22:14
Caketum Kadin Ngopi Bersama Pengusaha Sulsel di Megazone
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Anindya Bakrie menggelar buka puasa adam Ngopi bersama dengan pengurus Kadi...