Proyek Kereta Api di Sulsel Digenjot, Plt Gubernur: Kita Sudah Disinggung Kemenhub dan KSP

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 20 Mei 2021 15:22

Pembangunan rel kereta api, (Ilustrasi)
Pembangunan rel kereta api, (Ilustrasi)

TROTOAR.id, Makassar – Proyek kereta api trans Makassar-Parepare di Kabupaten Pangkep dan Maros, Sulawesi Selatan, terus digenjot oleh Pemerintah. Meski pada prosesnya kerap mengalami berbagai hambatan.

Seperti yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel bahwa pihaknya tak ingin ada masalah lagi dengan proyek tersebut

“Kita tidak ingin ada masalah lagi dengan proyek Kereta Api, kita sudah disinggung, oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kantor Staf Presiden (KSP),” kata Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS)di Ruang Pola Gubernur Sulsel, Kamis, 20 Mei 2021.

Sudirman juga mendesak agar pembangunan konstruksi dapat dipercepat dengan menyelesaikan  semua masalah yang muncul, salah satunya pembebasan lahan.

Informasi terakhir pada bulan April 2021, progres pembebasan lahan proyek itu sudah mencapai 93 persen untuk di Pangkep. Sedangkan di Kabupaten Maros menghampiri 70 persen.


Perlintasan kereta api Makassar-Parepare ini terdiri dari dua jalur yakni, Tanete Rilau-Palanro sepanjang 42,8 kilometer dan Mandai-Mandalle membentang 102,4 kilometer.

Selain itu, proyek ini sempat terhambat pandemi covid-19, namun kini proyek tersebut kembali dilakukan dan ditargetkan rampung Maret 2022.

Proyek KA Trans Makassar-Parepare ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang didanai pemerintah pusat sekitar Rp9 triliun, sedang pembebasan lahannya ditanggung Pemprov Sulsel dengan penyediaan dana awal sekitar Rp30 miliar pada masa kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga13 Juni 2021 01:40
40 Menit Babak Pertama Denmark Vs Finlandia, Christian Eriksen Jatuh Tak Sadarkan Diri, Pertandingan Ditangguhkan
TROTOAR.id—Laga Denmark melawan Finlandia mendadak menjadi hening saat laga berjalan 40 menit babak pertama, Minggu, (13/6/2021) 00.00 WITA. Pasalny...
News13 Juni 2021 01:37
Christian Eriksen Pinsang, Laga Denmark vs Finlandia Ditunda
Trotoar.id -- Laga tanding Grup B Piala Euro antara Denmark vs Finlandia harus terhenti, dikarenakan gelandang Denmark Christian Eriksen jatuh pingsan...
News12 Juni 2021 23:38
OKP dan DPK Tegaskan Tidak Ada Dulisme Kepemimpinan di KNPI Makassar
Trotoar.idMakasar -- Puluhan Ketua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) yang berhimpun di DPD KNPI Kota Makassar,...