Plt Gubernur Sulsel Launching Vaksinasi Dosis Ke-3 Prioritas Nakes

Suriadi
Suriadi

Selasa, 03 Agustus 2021 16:14

 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar pemberian Vaksinasi Dosis Ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Launching dilakukan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di RSKAD Dadi Makassar, Senin, 2 Agustus 2021.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar pemberian Vaksinasi Dosis Ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Launching dilakukan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di RSKAD Dadi Makassar, Senin, 2 Agustus 2021.

Trotoar.id, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar pemberian Vaksinasi Dosis Ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Launching dilakukan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di RSKAD Dadi Makassar, Senin, 2 Agustus 2021.

Ditargetkan, booster vaksin ini diberikan dan diproritaskan kepada 58.858 nakes yang bersentuhan langsung dengan penanganan Covid-19.

“Booster vaksin ini sebetulnya sudah berjalan kemarin dan juga sudah disosialisasikan dua hari lalu. Dan hari ini kita launching untuk vaksinasi ketiga atau booster vaksin,” kata Andi Sudirman.

Sebanyak 3.370 vial disiapkan untuk booster vaksin bagi tenaga kesehatan. Ia menyebutkan, nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 harus dilindungi dengan vaksin. Ini untuk memaksimalkan perlindungan pelayanan kesehatan. Ia menilai prioritas kepada tenaga kesehatan tepat.

“Nakes yang dihadapi ini adalah Covid-19, ini mengerikan bagi semua orang, justru nakes mau mengurusi,” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Andi Sudirman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Anggota Komisi IX DPR RI Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja, Aliyah Mustika Ilham, telah hadir dalam launching tersebut. Demikian juga dengan perjuangannya untuk pemenuhan vaksin di Sulsel.

“Kami berterima kasih, sudah terima vaksin banyak. Sesuai janji Ibu Aliyah, kita minta 15.000 (vial) kita diberi lebih. Sudah saya hitung-hitung tadi, lebih 20.000 (vial) terima kasih, alhamdulillah,” ucapnya.

Sedangkan Aliyah Mustika Ilham menyampaikan dukungan atas pencanangan ini. Demikian juga dengan berbagai program Pemprov Sulsel dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Selamat kepada Pemerintah Sulsel yang telah melaksanakan booster vaksin ketiga khusus bagi tenaga kesehatan,” kata Aliah Mustika.

“Tolong laporkan kepada kami sebagai pengawas dan wakil rakyat. Karena booster vaksin ini untuk nakes dulu. Karena mereka garda terdepan dan pahlawan kemanusiaan,” tegasnya.

Sementara, Koordinator Satgas Covid-19 Sulsel, dr Arman Bausat, menyatakan, dari 3.370 vial vaksin yang diterima dapat diberikan kepada 47.180 nakes, 1 vial berisi 14 dosis. Jumlah ini hampir 70 persen dari 77.159 ribu nakes. Sehingga pemberian vaksin akan diberikan secara bertahap. Pemberian vaksin juga memperhatikan syarat, bahwa minimal tiga bulan dari pemberian vaksin kedua.

Direktur Rumah Sakit Dadi ini melanjutkan, jumlah nakes yang divaksin perhari di RS Dadi sebanyak 500 hingga 2.000 nakes. Sehingga dengan tujuh rumah sakit milik Pemprov dapat dilakukan penyelesaian vaksinasi dosis ketiga ini dengan cepat.

Plt Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammadong, menjelaskan, vaksinasi dosis ketiga dipercayakan pada RS Dadi untuk pengeleloaan dan distribusi vaksin kepada rumah sakit yang ada di unit pelayanan nakes di Makassar dan sekitarnya.

Diketahui, data dari Dinkes Sulsel hingga 29 Juli 2021, dari total target vaksinasi di Sulsel untuk Tahap 1 bagi tenaga kesehatan dengan target 58.859 telah divaksin 77.159 nakes atau 131,09 persen.(*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...