Wasekjen MUI Minta Yasonna Sebaiknya Mundur Saja

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Senin, 13 September 2021 14:19

Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly
Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly

JAKARTA – Pasca kebakaran lapas kelas 1 Tangerang yang menewaskan sedikitnya 45 orang.

Berbagai pihak angkat bicara dalam peristiwa ini. Salah satunya Wakil Sekjen Bidang Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ikhsan Abdullah.

Dia menganggap kalau kebakaran tersebut adalah kesalahan dari kinerja menteri Hukum dan HAM yang gagal memberi perlindungan dan rasa aman.

Menurutnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly lah orang yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa naas itu.

“Ini menunjukkan betapa buruknya tata kelola Rumah Lembaga Pemasyarakatan yang dilakukan oleh Kemenkumham di bawah Dirjen Lapas, sehingga gagal melindungi nyawa para Napi dan terpanggang hidup-hidup,” kata Ikhsan Abdullah, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut, Ikhsan juga menerangkan bahwa sebaiknya Yasonna mundur dari jabatannya.

Kemudian meminta Jokowi menunjuk sosok yang tepat menjalankan tugas perbaikan tata kelola Lapas.

“Konsekuensi dari tragedi ini, maka Menkumham harus menyerahkan jabatanya sebagai pembantu Presiden dan meminta Presiden dapat menunjuk orang yang memiliki kemampuan,” kata Ikhsan, dikutip Populis.

Doktor Ilmu Hukum Universitas Jember ini juga meminta audit forensik dilakukan atas peristiwa ini. 

Menurutnya, langkah itu penting untuk mencegah terjadinya insiden berulang.

Yasonna H Laoly menanggapi terkait permintaan terhadap dirinya untuk mundur dari jabatan akibat insiden kebakaran Lapas Kelas 1, Tangerang, kemarin.

Yasonna menyebut, dirinya memilih untuk tidak memikirkan hal itu. Menurutnya, persoalan mundur atau tidak mundur adalah kewenangan pemerintah pusat.

“Kami tidak memikirkan hal itu, itu urusan pimpinan, yang kami pikirkan sekarang (bagaimana cara) kami menyelesaikan persoalan ini secepat mungkin,” terang Yasonna, dilansir dari Tribunnews.

Penulis : Redaksi


 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 September 2021 16:08
1.191 Peserta Tes PPPK Guru Berkontribusi Terhadap Penurunan Level PPKM di Luwu Utara
Trotoar.id, Luwu Utara --- Hasil assesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap perkembangan situasi COVID-19 di Luwu Utara dari level 3 turun men...
News25 September 2021 16:04
RMS: Bimtek Nasdem Bantu Putaran Ekonomi di Makassar
Trotoar.id, Makassar -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan Rusdi Masse Mapasessu menyebutkan kegiatan Partai Nasdem yan...