Rakorwasda 2021, Bupati Lutra Dikukuhkan Jadi Dewan Pembina AAIPI 2021 – 2024

Fadli
Fadli

Jumat, 17 September 2021 15:07

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dikukuhkan menjadi salah satu Anggota Dewan Pembina Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Periode 2021-2024.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dikukuhkan menjadi salah satu Anggota Dewan Pembina Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Periode 2021-2024.

Trotoar.id, Makassar — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dikukuhkan menjadi salah satu Anggota Dewan Pembina Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Periode 2021-2024.

Pengukuhan dilakukan Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, yang juga Ketua Dewan Pembina, Kamis (16/9/2021), di Phinisi Ball Room Claro Hotel Makassar.

Selain Bupati Kabupaten Luwu Utara, jajaran Dewan Pembina AAIPI 2021 – 2024 juga diisi Kajati Sulsel, Kapolda Sulsel, Wali Kota Makassar, Rektor Unhas, dan Ketua Umum IAI Sulsel.

Plt. Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengukuhkan Pengurus AAIPI di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021

Bupati Lutra yang hadir didampingi Inspektur Muchtar Jaya, juga menandatangani Piagam dukungan kepada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan AAIPI dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan.

Indah mengatakan, AAIPI adalah wadah sinergi para Auditor Intern Pemerintah Indonesia sebagai agen perubahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kita sangat mendukung gerakan yang dilakukan, ”kata Indah. Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan, khususnya tata kelola keuangan, menuntut adanya akuntabilitas dan transparansi sesuai ketentuan perundang-undangan. “Inspektorat, APH dan pengawas lainnya harus bersinergi menjalankan fungsi pengawasan guna mencegah perilaku korupsi pada penyelenggaraan pemerintahan di daerah, kecamatan, dan desa/kelurahan,” jelas dia.

Sebelumnya, Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen dalam mengawal tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“APBD kita saat ini sedang susah-susahnya. Kita harus bekerja sama bagaimana merencanakan dengan baik, kemudian bagaimana efektif dan efisien dalam penganggaran, terlebih kepada sektor-sektor padat karya untuk masyarakat,” ucap Sudirman dalam arahannnya.

Ia juga berharap dilakukan sertifikasi bagi Inspektur Daerah guna meningkatkan level kapabilitas dalam pengawasan.

“Kepada Ketua Umum yang baru dilantik untuk membantu kami bagaimana proyek yang bermasalah dilakukan pendampingan yang kuat,” imbuhnya. Sekadar diketahui, AAIPI adalah organisasi profesi yang beranggotakan perorangan dan unit kerja APIP yang memenuhi persyaratan keanggotaan.

Penulis : LH


 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Oktober 2021 16:18
Berpakaian Adat, Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lutra Berlangsung dengan Prokes Ketat
Trotoar.id, Luwu Utara ---Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 tetap dilaksanakan secara nasional, mulai dari tingkat pusat sampai k...
Metro28 Oktober 2021 16:14
Fokus Optimalisasi Pajak, Bapenda Makassar Kunjungi Pusdatin Bapenda DKI Jakarta
Trotoar.id, Jakarta -- Dalam rangka meningkatan pelayanan kepada masyarakat, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda ) kota Makassar melakukan kunjungan kerj...
Metro28 Oktober 2021 16:08
Ilham Azikin Resmikan Puskesmas Sinoa Jadi Rawat Inap, Bidan Dilengkapi Kendaraan Operasional
Trotoar.id, Makassar --- Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin meresmikan Puskesmas Sinoa menjadi puskesmas rawat inap. Peresmian ini digelar di pelataran...
Daerah28 Oktober 2021 15:58
4 Hari Hilang, Nenek Suhera Ditemukan Mengapung di Tepi Sungai Oleh Tim SAR Gabungan
Trotoar.id, Bone.- Setelah dinyatakan hilang sejak Minggu siang 24 Oktober 2021 beberapa hari yang lalu, akhirnya nenek Suhera ( 85 ) warga Dusun Soga...