Menjaga Kearifan ‘Gau Pakkaja’ Sebuah Festival Budaya Maritim di Sinjai

Awal Nur
Awal Nur

Minggu, 24 Oktober 2021 21:41

Bupati Sinjai, ketika itu membuka acara Gau Pakkaja, Sabtu (23/10). Istimewa.
Bupati Sinjai, ketika itu membuka acara Gau Pakkaja, Sabtu (23/10). Istimewa.

SINJAI – Mengokohkan seni dan budaya daerah agar tak tergerus zaman era digital ini juga dilakukan di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satunya adalah mempertahankan Festival Budaya Maritim ‘Gau Pakkaja’- Bahasa Bugis, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Pesta Nelayan.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Todilaling dan telah resmi dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu malam (23/10) kemarin.

Bupati ASA menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PKBM Todilaling dan pemerintah kelurahan Lappa yang melaksanakan kegiatan ini dengan sukses dan mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat.

“Kita melihat antusias masyarakat cukup tinggi dan kedepan pemerintah daerah akan berupaya membantu mengembangkan seni budaya untuk melestarikan budaya leluhur kita. Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memupuk  dan mempererat tali persaudaraan,” katanya.

Andi Seto mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum festival ini sebagai langkah awal memperkenalkan Kabupaten Sinjai ke Pemerintah Pusat melalui kebudayaan.

“Kita tahu bahwa budaya dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata kedepan. Melalui atraksi-atraksi budaya dapat menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Sinjai, ” tuturnya.

Andi Seto berharap festival budaya ‘Gau Pakkaja’ kedepan bisa menjadi event tahunan dan masuk dalam kalender of event Kabupaten Sinjai dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung hingga tanggal 30 Oktober 2021 ini, beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pertunjukan budaya daerah, pameran seni rupa budaya daerah, festival permainan tradisional, jejak kuliner daerah, seminar budaya pesisir dan gerakan budaya sehat. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
News29 Maret 2024 22:40
Dekranasda Gelar “Fashion for Charity”, Kumpulkan Rp146 Juta untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan sukses menggelar acara "Fashion for Charity" di Hotel Claro Makassar pada Jumat...
News29 Maret 2024 22:36
PKK Sulsel Gelar Ramadan Expo 2024 untuk Dukung UMKM
Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Ramadan Expo 2024 di Halaman Kantor PKK Sulsel, pada Kamis, 28 Maret 2024....
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...