Sebut ‘Sholat Tak Wajib 5 Waktu’, Ade Armando Ngaku ‘Diancam’ Imam Masjid New York ‘Kepala Ade Armando Bisa Lembek’

Awal Nur
Awal Nur

Selasa, 09 November 2021 08:49

Dosen UI Ade Armando. (Int)
Dosen UI Ade Armando. (Int)

trotoar.id, Jakarta—Dosen UI Ade Armando menyampaikan bahwa tidak ada kewajiban melaksanakan sholat 5 waktu dalam Al-Qur’an.

Cuplikan video dan kata-katanya viral di media sosial. “Tapi yang jelas sudah ada ulama-ulama yang bilang kata-kata saya itu benar, dan yang mengatakan itu bukan orang main-main,” tuturnya lewat tayangan YouTube CokroTV. 

Ia juga menyebutkan bahwa dalam talk show Tvone, Ketua MUI Kiyai Cholil Nafis juga mengatakan ‘tidak ada yang salah dalam pernyataan Ade Armando’.

“Di dalam Al-Qur’an memang tidak ada kewajiban sholat 5 kali,” ungkapnya.

Ade juga menyebut bahwa Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti mengatakan hal yang sama yakni ‘waktu pelaksanaan sholat memang tidak ada dalam teks Al-Qur’an’.

“Jadi, saya merasa seharusnya orang-oranh terima dong,” tuturnya.

Tetapi, kata dia, yang marah-marah tetap banyak, “Misalnya saja Shamsi Ali, yang adalah imam Masjid New York. Dia yang pertama mengemontari video saya dengan nada maki-maki,” tambahnya.

Ade merasa bahwa sampai sekarang Shamsi Ali tetap menyalahkan dirinya. “Dia misalnya mengutip ayat Al-Qu’an, Ar-Rum 17-18, kata dia dua ayat itu termuat perintah sholat 5 waktu,” ungkapnya.

Ironisnya, kata Ade, siapapun yang bisa berhintung akan tahu bahwa ayat-ayat itu justru bilang bahwa waktu sholat itu tidak 5, melainkan 3 atau 4.

“Tapi bukan cuman di situ maslahnya, Shamsi Ali juga setengah mengancam saya. Dia bilang sih dia tidak marah dan tidak emosional terhadap saya, tapi kemudian dia bilang, ‘Kalau orang Makassar marah itu bukan lagi dengan kata-kata. Apalagi putra [Suku] Kajang, kepala Ade Armando bisa lembek’. Katanya nggak marah,” tutur Ade. 

Ade lalu merasa heran katanya Shamsi tidak marah tapi ada kata-kata bikin ‘kepala lembek’. 

“Saya heran kok ada orang kaya gini bisa jadi imam masjid di New York,” katanya.

Selain itu, kata Ade, Novel Bamukmin juga menuturkan ha yang tak jauh beda, “Mengaku beriman tapi kelakuan kayak preman,” tutur Ade. [Ltf/Lyt]

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...