Pemkab Bulukumba

Safari Ramadan, Edy Manaf; Cita-cita Bupati Tulus Memajukan Bulukumba

Fadli
Fadli

Jumat, 08 April 2022 19:29

Safari Ramadan, Edy Manaf; Cita-cita Bupati Tulus Memajukan Bulukumba

Bulukumba, trotoar.id – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Tim II yang dipimpin Wakil Bupati Andi Edy Manaf melanjutkan Safari Ramadan di Desa Batang, Kecamatan Bontotiro, Kamis 7 Maret 2022.

Wabup Edy Manaf menyampaikan beberapa program strategis yang akan dikebut tahun ini, sekaligus meminta dukungan masyarakat. Program itu, mulai pembangunan Pasar Sentral, Pasar Tanete hingga Pantai Merpati.

“Doakan kami dalam menjalankan amanah pemerintahan. Sebab, kemajuan daerah ini tak terlepas dari doa masyarakatnya,” kata Edy Manaf dalam sambutannya sebelum pelaksanaan salat tarwih di Mesjid Nurul Iman Desa Batang.

Menurut mantan Anggota DPRD Provinsi Sulsel dua periode itu, Safari Ramadan sengaja digelar untuk lebih mendekatkan aparatur pemerintahan dengan masyarakat di sepuluh kecamatan yang ada di Bulukumba.

“Kita juga sengaja menghadirkan para kepala dinas, sebagai bentuk semangat kerja. Terpenting, pemerintah harus dekat dan menyatu dengan masyarakat. Memajukan daerah harus ditopang dengan dukungan masyarakat,” ujarnya.

Edy Manaf lebih jauh menyinggung peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba. Keberadaan Baznas katanya, banyak menopang kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Kita juga telah melahirkan suatu sejarah di Baznas. Pemerintah Daerah mengambil suatu kebijakan untuk mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengeluarkan zakatnya 2,5 persen. Sehingga, bisa mengumpulkan Rp600 jutaan zakat dari ASN per bulan,” tuturnya, kemudian menyebut ketulusan cita-cita Bupati Muchtar Ali Yusuf dalam memimpin Bulukumba.

“Cita-cita Pak Bupati tulus untuk memajukan Bulukumba. Setiap pemimpin ingin melakukan perubahan ke arah lebih baik,” tambah Edy Manaf.


Ia menambahkan bahwa kepala desa menjadi ujung tombak untuk ikut menyejahterakan masyarakatnya. Olehnya diperlukan sinergitas di setiap level pemerintahan dengan stakeholder lainnya.

“Pemerintah benar-benar harus berjibaku bekerjasama untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Edy Manaf.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Batang, Hamzah Hafid mengapresiasi langkah Pemkab melakukan safari ramadan. Dengan begitu, pemerintah dapat bertemu langsung dan menyampaikan program-program pembangunan ke masyarakat.

“Artinya, momentum ini adalah kesempatan menyampaikan secara langsung ke masyarakat, apa-apa yang akan dilakukan untuk Bulukumba ke depan,” katanya.

Ia pun berharap agar kepemimpinan Muchtar Ali Yusuf dan Edy Manaf sebagai Bupati dan Wakil Bupati, dapat lebih baik lagi ke depan demi Bulukumba maju dan sejahtera.

Pada safari ramadan ini juga, antusiasme warga untuk datang berbuka puasa di kediaman Kades Batang, benar-benar tak terbendung. Semangat kebersamaan menjadi spirit kearifan lokal yang harus dipertahankan.

“Warga datang sendiri. Saya bilang kalau datang, silakan. Saya tidak punya kesempatan memanggil dan mengundang masyarakat untuk datang. Dan alhamdulillah masyarakat antusias datang,” kata Hamzah.

“Kursi yang kami siapkan kurang lebih 400. Bahkan warga berbondong-bondong datang ke rumah sejak kemarin, bergotong royong untuk menyiapkan makanan berbuka puasa hari ini,” terangngya menambahkan.

Sekadar diketahui, Wabup Edy Manaf bersama rombongan tiba di kediaman Kades Batang, sekira pukul 17.30 Wita. Di tempat ini, wabup berbuka puasa bersama dengan ratusan warga.

Sebelum melaksanakan salat tarwih, Pemkab menyerahkan bantuan Rp10 juta untuk pembangunan masjid. Selain itu, juga ada paket Ramadan Ceria dari Baznas, yaitu Peduli Marbot, Peduli Guru Mengaji dan Peduli Warga Prasejahtera. (*) 

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Metro27 Juni 2022 18:38
Lantik 7 Pejabat Eselon II, Ini Pesan Gubernur Sulsel
Trotoar.id, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II) li...
Metro27 Juni 2022 18:32
Indira Jusuf Ismail Ajak KICI Makassar Tingkatkan Capacity Building Mencerdaskan Keluarga dan Bangsa
Trotoar.id, Makassar,~ Ketua TP PKK kota Makassar Indira Jusuf Ismail menghadiri pelantikan pengurus Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI), di Aula Di...
Metro27 Juni 2022 17:46
Berkunjung ke Diskominfo-SP Sulsel, Legislator Wajo Minta Saran Terkait Keterbukaan Informasi Publik
Trotoar.id, Makassar - Migrasi tv analog ke digital merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan pelayanan dari segi kuantitatif penyiaran ke...
Nasional27 Juni 2022 17:34
Massa Segel BNI 46 Makassar, Tuntut Uang IMB Dikembalikan
Trotoar.id, Makassar- Solidaritas Masyarakat Untuk Andi Idris Manggabarani, Koran Kejahatan Perbankan di BNI, menggelar aksi unjuk rasa di depan kanto...