Pemda Gowa1

Apresiasi Pelaksanaan Seminar Internasional Syekh Yusuf, Bupati Gowa: Perkenalkan Jejak Sejarah Daerah

Suriadi
Suriadi

Selasa, 24 Mei 2022 20:47

Apresiasi Pelaksanaan Seminar Internasional Syekh Yusuf, Bupati Gowa: Perkenalkan Jejak Sejarah Daerah

Trotoar.id,Gowa—–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi rencana pelaksanaan Seminar Internasional Syekh Yusuf yang dilaksanakan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada Kamis, 16 Juni 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menerima audiens Dekan dan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, di Ruang Rapat Bupati Gowa, Selasa (24/5).

Adnan mengaku kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk memperkenalkan sejarah Tuanta Salamaka Syekh Yusuf yang dikenal sebagai pahlawan dari dua negara yakni Indonesia dan Afrika.

“Tentu kami mengapresiasi, apalagi ini sudah kami bicarakan bersama sejak awal 2020 sebelum pandemi dan akhirnya bisa terlaksana. Insya Allah kami akan hadir sekaligus memberikan sambutan dan memfasilitasi city tour di tempat-tempat sejarah di Kabupaten Gowa salah satunya di Makam Syekh Yusuf,” ungkapnya.

Sementara Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan seminar internasional ini akan menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai negara dan ribuan peserta seminar.

“Ini tindaklanjut dari pembicaraan kami bersama Pak Bupati Gowa sejak 2020 sebelum Covid-19. Alhamdulillah ini bisa segera terlaksana atas komitmen Bapak Bupati Gowa. Beliau akan memberikan sambutan sekaligus menjamu dan melakukan pendampingan pada city tour dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah,” jelasnya.

Firdaus mengaku, kegiatan ini akan dihadiri seluruh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi se-Indonesia dan menghadirkan narasumber dari empat negara dan empat dari Indonesia seperti Prof Nabilah Lubis yang memiliki kompetensi berbicara mengenai Syekh Yusuf.

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan Munas Forum Dekan Dakwah se-Indonesia dan diikuti para Wakil Dekan dan Ketua Jurusan sekitar 200 orang ditambah para dosen dan ribuan mahasiswa UIN Alauddin Makassar sehingga kegiatan seminar tersebut tidak akan diikuti seribu orang,” tambahnya.

Olehnya ia berharap melalui kegiatan ini akan membuka cakrawala dan pengetahuan, khususnya para mahasiswa untuk mengkaji ulama-ulama lokal dan membangun kesadaran kesejarahan mengenai ulama.

“Tujuan kami ini sebenarnya untuk membuka pengetahuan-pengetahuan para mahasiswa mengenai ulama-ulama yang ada salah satunya Tuanta Salamaka Syekh Yusuf,” terangnya.

Penulis : Ady

 Komentar

Berita Terbaru
Politik19 Juli 2024 23:47
Resmi Diusung Demokrat di Pilgub Sulsel, ASS-Fatma Masih Butuh Dukungan 10 Kursi
Trotoar.id, Jakarta — Partai Demokrat secara resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan waki...
Politik19 Juli 2024 23:26
Sah Demokrat Usung ASS-Fatma Untuk PIlgub Sulsel
Trotoar.id, Makassar – Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur...
Metro19 Juli 2024 17:17
Peningkatan Kualitas SDM: Kunci Kesuksesan Organisasi dan Pelayanan Kesehatan Optimal
Trotoar.id, Makassar, – Kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah elemen kunci dalam kesuksesan sebuah organisasi. Tanpa SDM yang berkualitas, seber...
Metro19 Juli 2024 16:51
ISBI Sulsel Segera Diresmikan Akhir Tahun Ini
Trotoar.id, Solo – Dies Natalis ke-60 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang jatuh pada 15 Juli 2024, dirayakan dengan Rapat Senat Terbuka...