Ridwan Kamil

Resmi Bergabung di Golkar, Ridwan Kamil Jabat Waketum

Awal Nur
Awal Nur

Rabu, 18 Januari 2023 22:06

Resmi Bergabung di Golkar, Ridwan Kamil Jabat Waketum 

Trotoar.id, Makassar – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhir secara resmi bergabung dengan partai Golkar, Ridwan Kamil diamanahkan mengisi jabatan sebagai wakil ketua Bidang Penggalangan Pemilih 

Usia resmi menjadi kader dan mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Golkar Ridwan Kamil menyatakan akan selalu siap mengawal apa yang akan menjadi target Partai Golkar di pemilu akan datang. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap untuk memperjuangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil setelah resmi bergabung dengan Partai Golkar pada Rabu (18/1/2023).

Setelah resmi menjadi kader partai berlambang pohon beringin, Ridwan Kamil yang karib disapa Kang Emil ini mendapat amanah sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih. Kang Emil mengaku tidak meminta posisi di Golkar saat bergabung.

Namun, posisinya sebagai Waketum merupakan amanah dari Ketum Golkar Airlangga. 

Ia menilai, Airlangga sudah berbaik hati memberikan posisi strategis di kepengurusan Partai Golkar. Kang Emil menegaskan, akan taat pada keputusan partai, termasuk soal pencapresan Airlangga di Pilpres 2024.

“Saya fatsun terhadap keputusan organisasi, keputusan partai terkait Airlangga sebagai capres akan saya narasikan,” tutur Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Rabu (18/1/2023).


Kang Emil mengaku sebelum masuk Golkar dirinya belum memiliki referensi untuk bersikap soal capres. 

Namun, setelah menjadi kader Golkar, ia menegaskan akan taat pada keputusan organisasi, yakni mengusung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

“Saya di partai harus mengamankan itu, caranya seperti apa, kreativitas akan saya bawa,” tegasnya.

Kang Emil juga menyampaikan alasannya bergabung bersama jajaran partai yang memiliki warna khas kuning ini. 

Menurut Gubernur Jabar, alasan pertama dia memilih partai yang dipimpin Airlangga ini karena Golkar sangat kuat sebagai simbol partai tengah. Yakni partai yang Pancasilais dan terbuka.

“Kedua sejarah panjang Golkar menunjukkan institusi ini sangat terhormat, besar kecil, maju mundur oleh individu, individu ini berkualitas maka yang diuntungkan Indonesia. Karena parpol kan mengambil keputusan yang menyangkut hajat hidup kita,” ujar Kang Emil.

Ia juga mengaku, alasan lain dirinya tertarik bergabung dengan Golkar karena adanya sosok Airlangga Hartarto. 

Menurutnya, hubungan komunikasi antara dirinya dengan Airlangga sangat baik. Bahkan, pembicaraan dengan Airlangga tidak hanya soal ekonomi, tetapi juga personal.

“Bagi saya itu kemanusiaan kehumanisan dari Airlangga yang saya hormati,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengaku terharu karena Airlangga datang lebih dari sekali menyampaikan simpati saat dirinya ditimpa musibah beberapa waktu lalu.

 “Bagi saya itu kemanusiaan kehumasan dari Airlangga yang saya hormati,” ujar dia.

Di sisi lain, Kang Emil juga memertimbangkan sejarah Golkar yang sampai saat ini masih konsisten untuk fokus membangun Indonesia.

“Dengan pertimbangan-petimbangan tadi, ditambah sudah mendapat restu lahir batin dari keluarga, saya masih punya ibu, bu cinta juga meresui, datanglah hari ini, saya per hari ini sudah berjaket kuning, sudah ber-KTA (Golkar),” tegas Kang Emil.

Pengesahan RK sebagai kader Partai Golkar akan dilakukan di kantor DPP Partai Golkar, Anggrek Neli, Jakarta, pada, Rabu, (18/1/2023), sore.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan berharap agar dengan masuknya eks Wali Kota Bandung tersebut akan membantu pemenangan partai beringin tersebut di Pemilu 2024.

RK sendiri, kata Ace, akan menjadi amunisi baru untuk kemenangan Partai Golkar di 2024.

“Tentu yang paling utama adalah bisa membantu pemenangan Partai Golkar saya sebagai ketua Golkar Jabar tentu ini akan menjadi amunisi baru bagi kami untuk pemenangan Golkar di Jabar,” beber Ace.

Meski demikian, Ace tak mengetahui, posisi dari RK nantinya saat resmi masuk ke partai Golkar.

Menurut Ace hal tersebut merupakan kewenangan dari Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Salah satunya nanti akan dibicarakan antara pak RK dan pak Airlangga,” jelas dia.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini mengungkapkan jika nantinya RK sendiri akan diberikan Kartu Anggota atau KTA Partai Golkar seusai diresmikan sebagai kader.

Penulis : Upi

 Komentar

Berita Terbaru
Politik02 Februari 2023 02:33
Tokoh Lintas Partai Hingga Entrepreneur Muda Masuk Daftar Caleg Gerindra
Trotoar.id, Makassar – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras tidak menampik kabar adanya sejuml...
Hukum01 Februari 2023 23:55
Polisi Tetapkan Anak Anggota DPRD Wajo Penganiaya Jukir Sebagai Tersangka
Trotoar.id, Makassar – Insiden penganiayaan yang dilakukan oleh anak dari anggota DPRD Kabupaten Wajo kepada juru parkir akhirnya berlanjut ke jalur...
Daerah01 Februari 2023 23:47
Banjir Bandang Rendam Kota Parepare
Trotoar.id, Makassar – Intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, hingga mengakibatkan sejumlah rumah war...
Daerah01 Februari 2023 21:57
Pesawat Amfibi Akan Layani Penerbangan Domestik di Selayar
Trotoar.id, Selayar – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Saiful Arif memimpin langsung rapat koordinasi....